Rekap Tanya Jawab Syari’ah (68)

Rekap Tanya Jawab Syari’ah~Tjs(68)
           rumahdakwah.id

01. Pak ustad mau tanya,tlg jelaskan pada suami istri yang bekerja dua duanya kemudian mereka punya tanah dan sawah, semua barangnya atas nama suaminya, kemudian suaminya meninggal, apakah sawah dan tanah yang ia beli hasil berdua dgn istrinya termasuk harta warisan atau bukan? Dan bagaimana sistem bagi waris dgn anak2nya,jajakallah pak ustadz

Jawab

Karena harta bersma artinya memang hasil dari pencarian bersama maka setelah meninggal suami atau isteri maka harta tersebut separuhnya utk pasangannya yg hidup… kemudian separuhnya lg merupakan warisan yg akan dibagi sesuai hukum islam… jika suami dia dpt lagi 1/4 dari warisan jika isteri dapat lagi 1/8 dari warisan sisanya utk anak2

©Ustadz Muslim

02. Assalamu’alaikum ustadz/ustadzah
Mengenai hukum waris, apakah stelah ayah meninggal hrs segera membagi harta waris, setelah kewajiban si mayit di dunia dipenuhi?
Ayah mempunyai 1 istri, 5 anak laki2, 1 anak perempuan (meninggal sebelum ayah meninggal)
Bagaimana pembagian harta warisnya, apakah hrs berdasarkan hukum agama Islam?
apakah cucu ayah dr anak perempuannya yg meninggal duluan dr ayah juga dpt?
Klu terjadi kesepakatan keluarga, semua harta warisan dibagi rata sama semua termasuk anak yg perempuan meninggal tersebut diberikan ke cucunya, apakah tdk berdosa kami tdk menjlnkan syariah agama?

Tambahan
Aanak perempuan ayah yg meninggal dulu, meninggalkan 2 anak laki2 & 1 perempuan, dan suaminya sdh menikah lagi.

Isteri dapat 1/8 dari warisan
Sisanya utk anak2 dgn ketentuan anak lk dpt 2 x anak pr…
Anak pr yg sdh meninggal lbh dahulu tiddak dapat warisan sama dgn cucu almarhum
Kl sepakat bagu rata setelah tau bagian masing masing silahkan…

©Ustadz Muslim

03. Assalamualaikum…sy mau bertanya Ustadz/ Ustadzah Bolehkah jika orng tua membagi harta utk anak”nya dengan tdk mngacu pd ktentuan islam dlm hal ini perbandingan antr ank laki dan prempuan ? Mngingat ini bukan warisan krn dilakukn saat ortu msh sehat Jazaakumullah khoir atas jawabannya.

Jawab

Warisan harus berlaku anak lk 2 x anak pr.. Krn ini bukan warisan maka tidak berlaku lk2 2 x anak pr.. Tp org tua dianjurkan utk adil kepada anak anak anaknya.. dan adil tidak harus bg sama dan rata tp sesuaikan dgn kebutuhan msg2..

Ustadz Muslim

04. Assalamualaikum saya mau tanya ukh apa sih Hukum seorang anak yang sudah menikah meminta disegerakan bagian harta warisan orang tua padahal orang tua masih hidup.

Jawab

Warisan dpt kalau yg punya harta sudah meninggal…
Kalau minta minta warisan sementara org yg punya harta masih hidup itu nama nya org gila warisan….

©Ustad Muslim

05. Apakah cucu (laki2 n pr) dr ank laki2 tdk berhak mendptkn warisan krn ayahnya sudah meninggal??
Bolehkah demikian??
Dan bagaimana hukumnya, setelah suami meninggal, istri diminta mertua menanda tangani srt bhw rumah (saat suami msh hidup mendptkn warisn rumah dr ortunya) sdh dibeli, tetapi menantu n ank2 yatimnya tdk pernah menerima uang pembelian rmh tsb..

Jawab:

Justru cucu bisa dapat warisan kalau bapaknya wafat, tapi selama bapaknya masih ada dia tidak bisa dapat warisan atau disebut mahjuub.

Untk kasus tandatangan harus dibuktikan bahwa benar rumah tsb sudah dibeli, kalau tidak berarti istri dan anak masih berhak atas rumah tersebut sebagai warisan dr suami/bapaknya. Dlm kondisi tersebut seharusnya diberlakukan hukum waris. Wallahu A’lam.

©Ustd Arrifudin


                    Tambahan

Sy katakan benar cucu lk atau permpuan tidak dapat warisan dari kakeknya kl kakek tsb punya anak lk….krn cucu tsb mahjub atau terhalang dgn adanya anak lk si kakek…
Cucu tsb hanya dpt warisan dari ayahny yg sdh meninggal lbh dahulu…

©Ustd.Muslim
————————————
Dua kemungkinan. Kalau si kakek tdk punya anak laki2 lain selain bapaknya yg meninggal tsb atau tdk punya tiga org anak perempuan..maka cucu tadi mndpt warisan.

Dua. Kalau si kakek punya anak laki2 lain atau 3 anak prmpuan.maka cucu tsb tdk dpt warisan.

Jawabannya tdk boleh.sebab itu hak istri dan anak anaknya dalam warisan orangtua mmg punya hak,tp hanya seperenam bagian sj

©Ustd.Ahsanur
————————————
ustaz Muslim, cucu terhalang dapat warisan, sebab ayahnya meninggal terlebih dahulu sebelum kakek meninggal, kerana di halang anak lelaki kakek, paman kepada cucu.Alternatif boleh dapat harta hibah tidak lebih dari satu pertiga, hibah dari kakek sipemilik harta semasa ia hidup, berdasarkan undang-undang no 7 tahun 1989.

©Ustd.Irwansyah

05. Assalamualaikum
Aku mau nanya, apabila imam sudah rukuk apakah kita sudah dianggap masbuk? karena ada pendapat yg mengatakan bahwa membaca al fatihah wajib di setiap rakaat. Jadi bila imam rukuk, kita sudah tdk dpt al fatihah. tp knp ada pendapat yg mengatakan bila msh mndptkan rukuk belum dianggap masbuk.

Sebelumnya trimakasih banyak. ????

Jawab
Memang terdapat perbedaan pendapat dikalangan para ulama mazhab fiqh islam tentang bagian sholat yg harus sempat diikuti makmum bila ia terlambat atau masbuq. Tetapi mayoritas mereka memandang bahwa yg jadi parameternya adalah bila seseorang masbuq dan masih mendapatkan ruku’ maka ia terhitung telah mendapatkan 1 rakaat. Sebab  dalam dalil hadits disebutkan : “barangsiapa yg mendapatkan ruku’ maka ia telah mendapatkan 1 rakaat.” Demikian pula dalam hadits Abu Bakrah yang populer dalam bahasan masalah ini. Jadi menurut saya pendapat mayoritas ahli fiqh inilah yg lebih kuat. Wallahu A’lam.

©Ustadz Arifuddin

06. السلام عليكم
ustadz/ah ana mau dong tips agar mudah menghafal qur’an, dan tips agar suara bisa keluar saat membaca qur’an, syukran.

Jawab: menurut beberapa imam dan  penghafal qur’an yg saya pernah temui mereka menyebutkan beberapa tips mudah menghafal qur’an, seperti niat yg ikhlas dan kuat, sediakan waktu khusus, sering membaca ayat yg akan dihafal, menguasai praktek tajwid dengan baik, membuat jadwal yg ketat untuk menambah dan mengulangi, memperdengarkan hafalan kita kepada guru hafizh qur’an, memperdengarkan hafalan dengan suara yg jelas, dan sederet tips atau kiat lainnya. Tapi salahsatu dari mereka pernah memesankan: tips yang paling bagus adalah: segera ambil mushaf qur’anmu dan mulailah menghafal !!!

©Ustadz Arifuddin

07. ustadzah,mau bertanya lagi nih. kalo misalkan lagi sholat nih yah, terus bacannya ada yg salah, contoh pas sujud baca do’anya malah jadi baca do’a rukuk, hukumnya gimana?

Jawab
Bila sudah disadari segera saja kembali dan baca bacaan yang seharusnya.

©Ustadz Arifuddin

08. aku mau nanya boleh gak sih misalkan 3 orang cewek berkumpul sama 2 cowok? Mereka kayak bercanda bareng gitu

Jawab: kalau mereka bukan mahram maka hukumnya haram.

©Ustadz Arifuddin

09. Assalamualaikum, ustazah mau nanya.. Boleh ndak zikir siap sholat tp mata ditutup?

Jawab : boleh kalau memang dengan demikian hati bertambah khusyu’ dan tidak terganggu dengan kondisi sekitar.  Tapi membiasakan hal itu tidak juga ada dalil khususnya sehingga bukan suatu hal yang wajib atau yg harus dibiasakan.

©Ustadz Arifuddin

===============================
©Muwajjih Rumah Dakwah Indonesia
                  Tim P n k
===============================

5 comments

  1. yayan andriyani Reply

    Assalamualaikum pak ustad, saya mau tanya apa yang harus di lakukan seorang istri apabila suaminya sulit sekali untuk sholat berjamaah di masjid, saya suka marah apabila suami tidak mau sholat berjamaah di masjid, dan untuk sholat malampun susah, baca Alquran pun jarang sekali itupun hanya baca surat yasin saja waktu malam jumat, yang saya tanyakan apakah. Saya salah jika saya marah dengan suami saya, saya sdh mengajaknya untuk sholat berjamaah, membaca Alquran, sholat malam tetapi suami saya gak pernah mau, bilangnya ya sdh kamu saja, saya sedih pak ustad saya harus bagaimana, mohon jawaban pak ustad , wassalam

    • Tuwuh Madini Reply

      Wa’alaikumsalam Warahmatullahi Wabarakatuh

      Terkadang bahasa ‘amr (perintah) dari seorang istri lebih sulit diterima oleh seorang suami, karena memang suami biasanya merasa selalu lebih di atas istrinya.
      Jika hal ini terjadi, coba posisikan istri sebagai makmum yang menggandeng imamnya untuk maju, bukan mendikte atau memberi perintah kepadanya.
      Atau bisa juga suami sedang ada masalah dan bingung bagaimana cara menyelesaikannya, coba posisikan diri sebagai mustami’ (pendengar) bagi keluhan atau masalahnya suami.

      Wallahu A’lam Bisshowab

      Ustad Satria Ibnu Abiy.

  2. riko hariyadi Reply

    ass…
    sy mau tanya kakek meninggal.harta sdh di bagi.bpk. sy anak laki cuma 1. dan 5 perempuan meninggal deluan dr nenek..apakah cucu dr anak laki2. dpt harta waris nenek.krna bpk sya mninggal deluan.dan bpk sy anak tungaal laki2

  3. Lilis Reply

    Assalamualaikum ustadz, sy mau tanya sy mengadakan paket lebaran berupa uang+sembako dan jg uang saja dan selama 10 bln itu diakhir pembagian sy kenai biaya penyimpanan sebesar 200rb itupun sebelumnya ada persetujuan mereka, pertanyaan sy apakah ini hukumnya halal atau haram dlm islam, trima kasih ustadz

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *