Menuntut Ilmu

Review anda

Notulensi Kajian Bulanan Rumah Dakwah Indonesia

Hari : Selasa, 19 April 2016
Grup : Putri 02
Muwajjih : Ustadz Idjoandri
Tema : Menuntut Ilmu
Admin : Riery
Moderator : Riery

MUQADIMAH
————————

بسم الله الر حمن الر حيم

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

إِنّ الْحَمْدَ ِللهِ نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهُ
وَنَعُوْذُ بِاللهِ مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا و مِنْ َسَيّئَاتِ أَعْمَالِنَا
مَنْ يَهْدِهِ اللهُ فَلاَ مُضِلّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْ فَلاَ هَادِيَ لَهُ

Puji syukur kehadirat Allah SWT yang masih memberikan kita nikmat iman, islam dan Al Qur’an semoga kita selalu istiqomah sebagai shohibul qur’an dan ahlul Qur’an dan dikumpulkan sebagai keluarga Al Qur’an di JannahNya..

Shalawat beriring salam selalu kita hadiahkan kepada uswah hasanah kita, pejuang peradaban Islam, Al Qur’an berjalan, kekasih Allah SWT yakninya nabi besar Muhammad SAW, pada keluarga dan para sahabat nya semoga kita mendapatkan syafaat beliau di hari akhir nanti. InsyaaLlah..
Aamiin

========================

Materi :

^^ Menuntut Ilmu ^^

Keutamaan menuntut ilmu

  Semua orang yang hidup diatas dunia ini pasti sangat menginginkankebahagian, oleh karenanya tentu kita harus tempuh jalan yang akan mengantarkan kita kepada jalan kebahagian tersebut. Sebuah pepatah arab mengatakan ;

“  engkau mengharapkan kesuksesan tapi tidak menempuh jalan menuju kesuksesan tersebut. Ketahuilah..kapal tidak akan pernah bisa berlayar didaratan  “

  Dan kalau kita telusuri lagi secara lebih mendalam bahwa salah satu yang bisa mengantarkan seseorang kepada kesuksesan tersebut adalah dengan ilmu. Sehingga ulama mengatakan :

Barang siapa yang ingin dunia maka hendaklah dengan ilmu
Barang siapa yang ingin akhirat maka hendaklah dengan ilmu
Barang siapa yang ingin keduanya maka hendaklah dengan ilmu

Ungkapan ini mengisyaratkan kepada kita bahwa begitu pentingnya peran sebuah ilmu tersebut , tidak salah makanya rasululullah mengatakan dalam sebuah hadisnya :

Menuntut ilmu wajib bagi setiap muslim, segala sesuatu akan memohonkan ampun untuk para penuntut ilmu hingga ikan paus dilautan sekalipun  ( hadis ini dishohihkan albani )

Melihat begitu pentingnya fungsi dari sebuah ilmu ini, allah wajibkan bagi setiap muslim untuk menuntut ilmu baik itu laki-laki maupun perempuan. Karena tanpa ilmu tentu seseorang tidak akan bisa melaksanakan ajaran agama dengan baik, mengathui halal haramnya dan lain sebagainya. Tanpa ilmu tak kan mungkin juga seseorang sukes dalam dunianya. Betapakan banyak ilmu mendatangkan kesuksesan dan kemulian, sebaliknya kebodohkan mengantarkan seseorang kepada kegagalan dan kehinaan. Oleh karena itu jelaslah bagi kita btapa pentingnya arti dan fungsi ilmu.

Ilmu bak ibat nutrisi untuk jiwa kita, sebagaimana jasamani kita butuh nutrisi makanan agar bisa menghasilkan tubuh yang sehat, begitu juga rohani kita butuh akan nutrisi ilmu sehingga menghasilkan jiwa yang sehat

Menuntut ilmu tidak mengenal kata akhir, menuntut ilmu harus terus berkelanjutan selama hayat masih dikandung badan. Seorang bijak berkata :

Cukuplah seseorang itu dikatakan alim selagi dia terus berusaha menuntut ilmu, bila seseorang mengaku sudah alim maka sebenarnya dia bukan orang yang alim lagi.

Ibnu jauziy berkata :
Pintu terbesar tempat mask iblis untuk menggoda manusia adaah kebodohan

Bahkan karena saking pentingnya ilmu tersebut banyak diantara ulama yang rela menempuh perjalanan jauh hanya karena suatu ilmu, sebagaimana dalam sebuah riwayat :

“ dari qais bin katsir berkata ; seseorang laki-laki dari damaskus  datang kemadinah untuk bertemu dengan abu darda’, lalu abu darda’ berkata apa yang membuat kamu datang kesini wahai saudaraku? Apakah kamu datang untuk minta sesuatu? Atau untuk berdagang? Lalu laki-laki tersebut menjawab ; saya datang kesini tak lain dan tak bukan adalah untuk menanyakan sebuah hadis, saya mendengar rasulullah shallahu ‘alaihi wasallam bersbda ; barang siapa yang menempuh jalan untuk mencari ilmu maka allah mudahkan jalan menuju sorga dan para malaikat meletakan sayap-sayapnya karena kesukaan mereka terhadap para penuntut ilmu. Segala sesuatu dilangit dan bumi akan memintakan ampun untuk para penuntut ilmu bahkan hingga paus dilautan. Keutamaan orang berlmu atas ahli ibadah seprti keutamaan cahaya bulan atas para bintang, ulama adalah pewaris para nabi, para nabi tidak mewariskan dinar ataupun dirham namun mereka mewariskan ilmu, maka barangsiapa yang mengambilnya maka sungguh dia teah mengambil bagian yang cukup . ( HR Turmudzi )

Ilmu sangatlah penting karena memberikan berbagai macam faedah kepada manusia, diantaranya sebagai berikut :

1. ilmu membersihkan dan melembutkan jiwa
Suatu ketika sufyan bin uayainah ditanya tentang keutamaan ilmu, lalu beliau berkata ; tidakkah kamu mendengar perkataan allah :
“ maka ketahuilah bahwa tiada tuhan melainkan allah dan minta ampunlah untuk dosamu “ ( Surat Muhammad : 19 )
Ilmu seseorang akan kebsaran allah dan bahwa tidak ada tuhan yang patut disembah melainkan allah, yang maha berkuasa atas segalanya  akan membuat hati seseorang menjadi lembut dan akan menjauhi diri dari berbuat maksiat dan akan meminta ampun akan dosa-dosanya terdahulu. Dalam kehidupan ini pun barangkali kita juga menemukan bagaimana kesadaran seseorang akan ilmu agama membuat seorang ahli maksiat menjadi ahli ibadah dan semakin dekat dengan allah

2. ilmu mempertajam mata hati
Ilmu akan lebih mempertajam mata hati seseorang sehingga membuat seseorang akan lebih bijak dalam menyikapi setiap permasalahan yang ada

3. ilmu akan membuat seseorang lebih takut kepada allah
4. ilmu lebih utama dari ibadah
5. bercahaya dan berserinya wajah orang yang berilmu
Rasulullah bersabda :
“ allah menjadikan berseri wajah orang-orang yang mendegarkan perkataanku lalu menyampaikannya “ HR Ibnu majah

  Kedudukan ilmu sangat mulia dan sangat bayak faedah nya untuk individu dan masyarakat. Oleh Karen itu sudah sepatutnya kita lebih bersemngat dalam menuntut ilmu agar bertambah ilmu dan semkin dekat kita dengan allah.

Agar seorang penuntut ilmu bisa mendapatkan ilmu yang lebih berkah, maka perlu bagi para penuntut ilmu untuk memperhatikan hal-hal berikut :

1. ikhlas niat karena allah
Niat merupakan hal yang utama yang perlu di ingat oleh seorang penuntut ilmu agar ilmu yang didapat lebih berguna dan bernilai pahala. Ilmu merupakan ketaatan dan ibadah, dan ikhlas adalah sebuah kemestian dalam setiap ibadah dan ketaatan. Rasulullah mengingatkan dalam sebuah hadis :

“ barang siapa yang mempelajari ilmu maka hendaklah karena allah, barangsiapa yang mempelajarinya hanya karena tujuan dunia maka dia tidak mencium bau surga pada hari kiamat “ HR ahmada, abu daud dan ibnu majah

Ibnu jamaah alkannaani berkata : “ semua keutamaan ilmu dan ulama itu adalah bagi orang yang berilmu serta mengamalkannya, berbuat kebaikan dan bertakwa , tidak bagi orang yang menuntut ilmu dengan niat yang buruk serta tujuan-tujuan dunia  seperti harta, kemewahan dan kedudukan “

2. takwa dan takut kepada allah
Ulama merupakan orang yang paling kenal dan paling takut kepada allah, allah subhanahu wata’ala berfirman :
” sesungguhnya yang takut kepada allah dari hamba-hambaNya adalah ulama, sesungguhnya allah maha perkasa lagi maha pngampun “ QS fathir : 28

     Takwa merupakan jalan untuk mendapatkan ilmu, ilmu akan mengangkat seseorang kepada derajat yang lebih tinggi dan lebih takut kepada allah. Imam syafi’I berkata :

” saya mengadukan kepada waqi’ ( guru imam syafi’i ) tentang buruknya hafalanku
Lalu dia menunjukanku untuk meninggalkan maksiat
Dia memberitahuku bahwa ilmu itu adalah cahaya
Dan cahaya allah tidak akan ditunjukan kepada orang yang berbuat maksiat “

3. mengamalkan ilmu yang didapat
Ilmu bila tidak diaplikasikan dalam perbuatan maka ilmu itu tidaklah berfaedah. Maka seorang penuntut ilmu hendaklah mengaplikasikan ilmu tersebut dalam perbuatan karena ilmu tanpa amalan bagaikan pohon yang tak berbuah. Dalam alquran allah memuji orang-orang yang belajar lalu mengamalkannya sebagaimana dalam firman allah :

“ orang-orang yang mendengarkan perkataan lalu mengikuti yang baik-baiknya mereka itulah orang-orang yang allah tunjuki dan mereka itulah orang-orang yang berakal “ QS Azzumar:18

Begitu juga allah mencela orang-orang yang diberikan ilmu tapi tidak mengaplikasikan daam perbuatan, sebagaimana firman allah :

“ perumpamaan orang-orang yang dipikulkan kepadanya taurat, kemudian mereka tiada memikulnya adalah seperti keledai yang membawa kitab-kitab yang tebal. Amatlah buruknya perumpamaan aum yang mendustakan ayat-ayat allah itu dan allah tidak memberikan petunjuk kepada kaum yang zalim “ QS aljumah:5

Didalam sebuah hadisnya rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda :

” seseorang laki-laki didatangkan pada hari kiamat lalu dilemparkan kedalam api neraka maka keluarlah ususnya. Maka penghuni neraka berkumpul padanya ; wahai fulan kenapa kamu? Bukankah didunia kamu selalu menyuruh kepada kebaikan dan melarang dari hal yang mungkar? Orang tadi menjawa ; saya menyuruhkalian  kepada kebaikan namun saya tidak melaksanakannya dan saya melarang kalian  dari hal yang mungkar  namun saya melakukan nya “ HR Bukhari dan Muslim
Imam syafi’I juga berkata : bukanlah ilmu itu apa yang dihafal, namun ilmu itu adalah yang bisa memberikan manfaat

4. sabar dan ulet
Jalan menuntut ilmu bukanlah jalan yang mudah, jalan untuk menuntut ilmu bukanlah jalan yang bertabur bunga karena tidak jarang banyak lika liku yang dilalui untuk sampai kepda seuah kesuksesan. Banyak pahit yang dirasakan, banyak perngorbanan yang diberikan dan butuh ketekunan serta  kesabaran dalam melalui itu semua. Sudah lumrah yang nmanya jiwa selalu ingin bersantai-santai saja, dan butuh kegigihan untuk menundudukan jiwa agar selalu bersemangat dalam menuntut ilmu yang bermanfaat untuk duniaa dan akhirat, sebuah pepatah arab mengatakan :

   “ barang siapa yang tidak merasakan pahit getirnya menuntut ilmu maka dia akan merasakan hinanya kebodohan sepanjang hidupnya “

      Sabar merupakan modal utama untuk sukses dalam perjuangan. Kita lihat bagaimana sabarnya rasulullah dalam mendakwahkan islam kepada orang-orang qurays. Walau pada awalnya banyak yang mengingkari rasulullah, banyak yang menghinanya, dia disiksa dan boikut..namun itu semua tidak menyurutkan rasulullah untuk mundur dalam perjuangan. Sehingga buah kesabaran ini allah ganti dengan sebuah kesuksesan dengan masuknya umat islam secara berbondong-bondong kedalam agama islam.

5. tidak malu bertanya
Malu bertanya akan menghmbat seseorang untuk mengembangkan potensinya karena akan terus dibingungkan oleh sesuatu yang belum dietahui. Kita lihat bagaimana dulu para sahabat sangat antusias untu serng bertanya kepada rasulullah dan selalu semangat untuk mendampingi rasulullah agar bisa mengambil ilmu yang lebih banyak lagi dari rasulullah.

6. sederhana dan rendah hati
Hendaknya seorang yang berilmu meniru sifat padi, semakin berisi semakin merunduk. Semakin bertambah ilmunya semakin bertambah pula ketawadhu’an . jangan sampai semakin bertambah ilmu semakin bertambah pula kesombongan seseorang, bahkan dizaman sekarang ini bnyak orang yang mengaku berilmu semakin berani untuk mempermainkan ayat-ayat allah, tentu hal ini sngat tidak diharapkan dari seorang penuntut ilmu

7. memelihara dan mendedikasikan waktu untuk hal yang bermanfaat
Waktu merupakan hal yang sagat penting bagi manusia. Sukses atau tidaknya seseorang tergantung sejauh mana dia bisa mempergunakan waktu-waktu yang ada dengan hal-hal yang berguna. Bagi seseorang yang menggunakan waktu dengan hal-hal yang bermanfaat maka kesuksesan dunia dan akhiratlah insyallah yang didapat. Bagi yang tidak, bisa jadi mereka akan rugi didunia dan juga diakhirat

8. memuliakan dan menghormati guru
Amirul mukminin ali bin abi tholib berkata ; “ barang siapa yang mengajari aku wala hanya satu huruf maka dia adalah guruku yang berhat untuk aku mulaiakn dan aku hormati “

  Menghormati seorang guru akan menambah keberkahan terhadap ilmu yang dibeikan. Keberkahan berupa kemudahan yang akan alah berikan dalam menyerap pelaran dri sang guru dan pelajaran tersebut akan kuat dalam ingatan sehingga tak akan mudah lupa dalam jangka waktu yang lama

Inilah sekilas ulasan yang berkaitan tentang menuntut ilmu. Moga bisa menjadi sedikit modal bagi kita untuk tidak pernah letih dan lelah dalam menuntut ilmu. Dengan ikhlas menuntut ilmu karena allah insyallah semua letih dan lelah akan bernilai ibadah. Berikut sedikit tambahan tentang kata-kata hikmah semoga semakin menmabh semangt kita dalam menuntut ilmu ;
“ bersungguh-sungguhlah dan jangan bermalas-malasan, jangan menjadi orang yang lalai, maka penyesalan yang mendlam bagi orang yang bermalas-malasan “

Imam syafi’I berkata “ berusahalah menjadi faqih ( berilmu ) sebelum menjadi pemimpin “

Ulama berkata “ janganlah berkata tanpa berfikir dan jangnlah berbuat tanpa perencanaan “

Ulama salaf berkata “ barangsiapa yang sombong dan takabur maka allah akan merendahkan dia dengan ilmunya tersebut, barangsiapa yang rendah hati dengan ilmu maka allah akan mengangkat derajatnya dengan ilmu tersebut “

REKAP TANYA-JAWAB

1. Tanya :
Assalamualaikum ustadz, mau tanya apa yang menyebabkan seorang penuntut ilmu susah menyerap ilmu yg di berikan oleh gurunya? Dan bagaimana soludinya ustadz?
Terimakasih


Jawab :
barangkali syair imam syafii ini bisa jadi jawabannya :

saya mengadukan pada waqi ( guru imam syafii ) tentang buruknya hafalan saya

lalu guruku menunjukanku agar aku meninggalkan maksiat

dia memberitahuku bahwa ilmu itu adalah cahaya allah

dan cahaya allah tidak akan diberikan pada orang yang suka berbuat maksiat

intinya bersihkan hati kita, berusaha semaksimal mungkin dan jangan pantang menyerah

dan barangkali perlu juga kita perhatikan adab dan sopan santu kita pada guru kita tersebut

┅┅┅┅┅┅┅┅┅┅┅┅┅┅┅┅┅┅┅┅┅

2. Tanya :
Assalamu’alaikum ustadz, bagaimana cara menyampaikan ilmu agama kpd org tua? Karena terkadang orangtua sulit menerima ilmu baru..


Jawab :
ilmu itu mulia dan perlu pula cara2 mulia untuk mnyampaikan nya. maka dari sini perlu kita memilih cara yang tepat untuk menyampaikan ilmu itu pada seseorang agar ilmu yang kita sampaikan bisa diterima dengan senang hati

┅┅┅┅┅┅┅┅┅┅┅┅┅┅┅┅┅┅┅┅┅

3. Tanya :
Oiya… bagaimana cara mengajak saudara kandung untuk sama2 bljr menuntut ilmu.. saya sering ajak adik saya ke majlis2 ilmu.  Tp dia selalu menolak, dengan alasan sibuk, mw fokus skripsi… suka sedih saya dengernya..


Jawab :
yang perlu kita fahami disini adalah melakukan pendekatan demi pendekatan untul bisa mengajak saudara kita pada kebaikan, salah satunya untul menghadiri majlis ilmu. dan kalaupun memang sauadaranya lagi bikin skripsi kita doakan aja agar skripsinya cepet selesai dan setelah itu dia ikut bergabung untuk sama2 meramaikan majlis ilmu. intinya kita harus sabar dan tidak berputus asa dalam mengajak saudara2 kita untuk kebaikan. dan mari iringi setiap usaha kita dengan doa. karen a kita hanya biaa mengajak, allah yang maha kuasa untuk membolak balikan hati seseorang

┅┅┅┅┅┅┅┅┅┅┅┅┅┅┅┅┅┅┅┅┅

4. Tanya :
a. Saya kan ngajar di sekolah islam tadz, jd cara belajarnyapun berbeda dg skolah pd umumnya… belajarnya lesehan gitu… kadang2 kalo sy lagi ngajar.. anak2nya ada yg tidur…. terutama kelas ikhwan


Jawab :
nah mungkin ada tingkatan-tingkatan yang harus dilalui mbak, pertama mungkin dinasehatin dan dimotvasi dengan kebaikan2an. atau kasih cerita2 motivasi gitu. biaasanya an ak kecil ataupun yang dewasa sekalipun suka dikasih cerita hehe

nah kalau motivasi belum ampuh juga sudah saatnya iqab berbicara mbak

tapi sebisa mungkin hukuman2 yang mendidik sesuai dengan umur mereka. dan jangan sampai hukuman yang diberikan menjauhkan hati mereka dari kita

kalau hati sudah berjauhan mbak, nasehatpun susah sampainya

b. iya ustadz…. sy pernah pake video, gambar2… tp memang gak sering….hihi….. krn fasilitasnya pun terrbatas


Jawab :
yang penting jangan sampai putus asa ya mbak

kita tidak tau terkadang kita putus asa, tapi sebenarnya kita sudah sangat dekat pada kesuksesan

dan jangan lupa didoain juga anak2 mbak, biar tambah sholeh dan sholehah

doa senajat kita orang beriman

┅┅┅┅┅┅┅┅┅┅┅┅┅┅┅┅┅┅┅┅┅

5. Tanya :
Assalamualaikum ustadz, bagaimana kalau kita menuntut ilmu ilmu hanya mengharapkan nilai bagus atau ipk cumloade, teman saya pernah bilang sama saya katanya “yg pnting itu dapat ipk bagus”, bagaimna ustadz? sedangkan dia kalau ada tugas dari dosen hanya copas, namun ipknya lebih bagus dari pada yg di copas tugasnya, jadi teman” yg lain merasa ketidakadilan tadz.


Jawab :
poin pertama yang harus kita ingat dalam meuntut ilmu ini adalah ” NIAT “. maka niatkanlah kita mencari ilmu karena allah. cumloade dapat, pahala dapat. kalau niatnya hanya untuk nilai ya nialai aja yang dapat.

hendaklah kita sadari bersama bahwa kita belajar untuk betul2 mendapatkan ilmu dan bukan hanya nilai semata. mencari keahlian bukan hanya untuk mengejar cumloade.

fokus kepada diri kita, bagaimana cara orang lain dalam mendapatkan nilai dia yang akan mempertanggungjawabkan dihadapan allah kelak. kalau kita hanya mengejar nilai sehingga menghalalkan segala cara maka saya yakin tidak akan ada keberkahan dari ilmu yang didapat

tanamkan dalam hati kita bhwa kita belajar untuk mencari ilmu dan bukan nilai sehingga perjuangan kita akan maksimal karena kita tidak akan pernah berhwnti berjuang sebelum kita menguasai ilmu tersebut. insyallaj dengan ilmu tersebut allah akan angkat derajat kita dunia dan akhirat

┅┅┅┅┅┅┅┅┅┅┅┅┅┅┅┅┅┅┅┅┅

6. Tanya :
Bagaimana cara kita istiqomah dlm menuntut ilmu yang sdg kita tekuni  , trkdng jika sulit kita maunya nyerah aja


Jawab :
sudah menjadi lumrah terkadang kita ditimpa futur ( sifat malas yang muncul setelah kita rajin ).

iman pun juga bertambah dan berkurang, bertambah dengan ketaatan dan berkurang dengan kemaksiatan

jadi yang perlu kita ingat adalah jangan sampai kita tenggelam atau bahkan hanyut dalam arus kefuturan ( kemalasan ). disaat futur datang menyerang maka segralah kita bangkit, misalnya ketika malas datang menyerang kita harus ingay lagi tujuan kita. minta motivasi keteman, hadiri majliss ilmu. karena kalau kita futur berarti nutrisi untuk rohani kita berkurang. maka jagalah kebutuhan nutrisi jiwa kita dengan banyak membaca alquran, disiplin dalam amalan wajib dan memperbanyak amalan sunnah. kalau kita selalu menjaga kebutuhan nutrisi jiwa kita tersebut, insyallah keostiqamahan akan allah anugrahkan kepada kita

┅┅┅┅┅┅┅┅┅┅┅┅┅┅┅┅┅┅┅┅┅

7. Tanya :
Assalamualaikum
Ustadz ana barkah
ada doa agar jika semangat ini turun dalam menuntut ilmu bisa kembali lagi.?


Jawab :
ketka semangat berkurang barangkali ada noda yang mengotori hati kita. maka perbanyak istigfat dan perbanyak alquran. insyallah istigfar dan alquran akan menjadi obat dan pembersih segala noda yang mengotori hati kita, wallahu a’lam

┅┅┅┅┅┅┅┅┅┅┅┅┅┅┅┅┅┅┅┅┅

8. Tanya :
Saya mau tanya, apa yang menyebabkan ilmu lekas hilang dari ingatan? Saya kadang sampai bingung krn apa yg sudah dipelajari dn dihafal lekas lupa,


Jawab :
allah memberikan kadar kemampuan yang berbeda pada kita, tapi allah memberikan peluang yang sama untuk menggapai kesuksesan. ada orang yang allah berikan anugrah dengan sekali usaha langsung hafal, ada yang harus 10 kali baru hafal dan seterusnya.

jadi tekad yang kuat dan kesungguhan yang besar sangat diperlukan dalam lika liku perjuangan dalam menuntut ilmu ini, jangan gampang berputus asa, tapi terus berusaha…usaha dan usaha.

dulu ada seseorang yang memiliki hafalan hanv sangat lemah, tapi dengan tekat yang luar biasa dia semalaman berusaha menghafal pelajaran yang kira2 hanya satu baris aja. akhirnya dengan ketekunan dan  kesungguha akhirnya dia menjadi seorang ulama besar.

rajin menghafal dan rajin mengulang2 insyallah akan menjadikan hafalan itu kuat dan tidak mudah lupa. insyallah setiap mujahadah kita yang diniatkan karena mengharap redha allah tak akan ada yang sia-sia, tapi akan menjadi pemberat timbangan amal kebaikan kita diakhiray kelak

Clossing Statement :

akhwati fillah…ilmu sangat penting untuk menggapai kebahagian dunia dan akhirat

maka semngatlah dalam menuntut ilmu yang akan mengantarkan pada sukses dunia dan akhirat

mari kita selalu awali hari2 kita dengan tilawah alquran, karena akan memberikan kekuatan yang luar biasa pada jiwa kita sehingga untuk mencari ilmu atau ma’isyah yang lain nya akan penuh semngat.

” ilmu itu datang dari allah, allah tidak akan memberikan keberkahan ilmu tersebut jika hati kita masih dikotori noda-noda kemaksiatan “

tarimakasih untuk silaturrahmi ini, moga allaj catat sebagai amal kebaikan kita bersama, mhn maaf atas salah dan khilaf

wassalmualaikum warahmatullahi wabarakatuhu

———————-oOo—–—————–
PENUTUP

Marilah kita tutup majelis ilmu kita hari ini dgn membaca istighfar, hamdallah serta do’a kafaratul majelis
الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِين

dan istighfar

أَسْتَغفِرُ اَللّهَ الْعَظيِمْ

: Doa penutup majelis :

سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلهَ إِلاَّ أَنْتَ أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوْبُ إِلَيْكَ ٭
Artinya:
“Maha suci Engkau ya Allah, dan segala puji bagi-Mu. Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan melainkan Engkau. aku mohon ampun dan bertaubat kepada-Mu.”

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

~~~~~~~~~~~~~~
®Rumah Dakwah Indonesia

———————-oOo—–—————–

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *