Taddabur Al Qur’an

Notulensi Kajian Mingguan DPA Jabodetabek Rumah Dakwah Indonesia

Hari : Minggu 25 September 2016
Grup : DPA jabodetabek
Muwajjih : ustad Muhammad Toharuddin
Tema : Taddabur Al Qur’an
Moderator : Husni
Notulen:Naina

MUQADIMAH
————————

بسم الله الر حمن الر حيم

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

إِنّ الْحَمْدَ ِللهِ نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهُ
وَنَعُوْذُ بِاللهِ مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا و مِنْ َسَيّئَاتِ أَعْمَالِنَا
مَنْ يَهْدِهِ اللهُ فَلاَ مُضِلّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْ فَلاَ هَادِيَ لَهُ

Puji syukur kehadirat Allah SWT yang masih memberikan kita nikmat iman, islam dan Al Qur’an semoga kita selalu istiqomah sebagai shohibul qur’an dan ahlul Qur’an dan dikumpulkan sebagai keluarga Al Qur’an di JannahNya..

Shalawat beriring salam selalu kita hadiahkan kepada uswah hasanah kita, pejuang peradaban Islam, Al Qur’an berjalan, kekasih Allah SWT yakninya nabi besar Muhammad SAW, pada keluarga dan para sahabat nya semoga kita mendapatkan syafaat beliau di hari akhir nanti. InsyaaLlah..
Aamiin

========================

Materi :
————-

*Tadabbur Surah Alfatihah*

Apa yang kita lakukan sebelum Tadabbur Quran?

1. Bermohon kepada Allah agar dibuka mata hati kita saat bertadabbur

2. Bacalah ayat berulang-ulang kali minimal 3 kali ulang berikut dengan terjemahnya ( bagi yang tidak memahami Bahasa arab )

3. Jauh hal-hal yang melalaikan kita saat bertadabbur

4. Bayangkan ayat yang sedang ditadabburkan seakan memberi pesan langsung kepada kita.

5. Lengkapi proses tadabbur kita dengan kitab-kitab tafsir agar kita tidak terjebak kepada pemahaman yang salah.

6. Pilihlah suasana yang khusu’ dalam program tadabbur seperti sepertiga malam menjadi pilihan terbaik untuk Tadabbur Quran.

7. Jagalah hati, anggota tubuh kita dari perbuatan-perbuatan yang dapat menggelapkan hati sehingga hati tidak mampu meng akses cahaya ayat-ayat Alquran.

*Tadabbur Surah Alfatihah*

Sahabat cinta Tadabbur,

Betapa bahagianya kita menjadi seorang mukmin, Allah swt mendidik kita agar memulai segala hal berupa kebaikan dengan AsmaNya ( nama Allah yang Agung )  dengan basmallah ( bismillah ).

Seuntai kalimat yang sangat mulia, begitu mudah dilafalkan namun mengundang keberkahan. Dengan basmalah Allah Ta’ala membuka kitabnya yang mulia, dengan basmalah pula pembuka surat Nabi Sulaiman kepada Bilqis, dan dengan basmalah Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam membuka surat-suratnya kepada para raja untuk mengajak mereka melakukan penghambaan diri hanya kepada Allah ‘Azza wa Jalla. Dengan membaca basmallah semoga Allah melimpahkan kepada kita keberkahnnya serta melindungi kita dari keburukan setan.

Sahabat Tadabbur dalam Surah Alfatihah
Allah mengajari kita bagaimana cara memujiNya menampilkan diri sebagai hamba yang memiliki sifat terima kasih atas anugrah nikmat-nikmatNya, sudah sepantasnya  Pujian hanya kepada  Allah sebab Dialah yang sebenar-benarnya patut dipuji, seluruh pujian hanya pantas untuk Allah, dan bukan yang lainNya. tentu pujian kepada Allah sangat beralasan Dialah pemilik kerajaan dan pengatur alam semesta ini, peciptanya, pengaturannya, pemeliharanya. penjagaanya,
Dialah Allah juga pemilik rahmat yang luas tidak ada makluk yang diciptakanNya melainkan memperoleh rejeki. bahkan orang yang durhaka sekalipun tetap diberi makan dan minum, tetapi ada rahmat yang lebih luas dan lebih khusus rahmat itu diperuntuk untuk hambanya yang bertaqwa, dan senantias membersihkan diri (tazkiyatun nafsi) menegakkan sholat, beramar ma’ruf dan mencegah yang mungkar, dan terus membaca dan mengikuti petunjuk Al-Qur’an.

*Sahabat Tadabbur*
Allah adalah pemilik dan Malik (raja )  dihari pembalasan hari perhitungan untuk menegakkan keadilan dengan seadil-adilnya mengadili seluruh perbuatan manusia,  tidak satu perbuatan pun luput dari pengamatanNya, membalas perbuatan orang-orang yang senang berbuat baik dan menjatuhkan hukuman kepada orang yang berbuat jahat.

Sifat inilah yang menuntut kita mengkhususkan ibadah dan permohon kepada Allah serta ketundukan secara  totalitas, hanya meminta pertolongan kepadaNya, tawakkal kepadaNya, serta memurnikan Tauhid kepadaNya.

Sebab Dialah pemilik keagungan yang memberi manfaat dan menolak mudhorat.

*Sahabat cinta tadabbur*

Kita adalah manusia yang terkadang terjerat oleh hawa nafsu,  nafsu menguasai dan menggiring kita untuk bermaksiat dan melanggar aturan Allah, terkadang syahwat nafsu lebih mendominasi hidup kita, oleh karenanya Allah mendidik kita untuk senantiasa memohon hidayah dan taufiq agar senantiasa berjalan diatas manhaj kebenaran dan terus menyusuri jalan istiqomah dan keselamatan yaitu jalan yang telah ditempuh oleh para Nabi, Shiddiqin, Syuhada dan orang-orang sholeh.

Sikap inilah yang harus senantiasa kita bangun, ketaatan, ketundukan dan mengenal hakikat diri bahwa kita hidup didunia ini hanya sementara, dan kita harus mempersiapkan masa depan dengan memburu amal-amal sholeh untuk menggapai kebahagian dan keselamatan di akhirat.

Tetapi tidak demikian halnya orang yang kafir dan ingkar kepada Allah, mereka berpaling dari jalan yang lurus, bahkan  menentangnya, dan terus berbuat dosa dan kedurhakan kepada Allah tanpa ada rasa takut.  karena mata hati dan pikiran mereka  telah dibutakan oleh hawa nafsunya, keserakahan, ketamakan, dan ambisi untuk hidup seribu tahun lamanya. ada mereka   tersesat karena kebodohannya, dengan  mengikuti pendeta-pendeta dengan ajaran, kepercayaan (dogma) sesat.  dan mereka yang  mendapatkan murka karena keangkuhan, kedengkian sehingha  tidak menerima kebenaran.

*Sahabat Tadabbur*
Beruntunglah kita diberi hidayah dan taufiq oleh Allah swt, sementara sedemikian banyak manusia yang tersesat, mereka menjauhi jalan islam, manhaj hidup yang benar.

Yaa Rabb pemilik hati manusiai tetapkan hidayah yang telah  Engkau anugrahkan kepada kami dan jangan gelincirkan kami dari hidayahMu setelah kami mendapatkan petunjukMu.

*Sahabat Tadabbur*

Baca dan renungkanlah surah alfatihah dalam setiap sholatmu, pahamilah makna-makna dari setiap ayat dalam surah alfatihah, karena sesungguhnya dibalik rahasia Allah menyuruh kita membaca surah alfatihah dalam sholat kita. hakekatnya Allah sedang mendidik kita untuk senantiasa, memperbaiki, dan mengokohkan tauhid kita  kepada kepada Allah, menata  cara hidup kita sesuai dengan manhaj/system yang lurus yaitu islam.
dan jangan sampai kita menjadi hamba-hamba yang kufur sehingga Allah menghinakan kita kita seperti Allah menghinakan orang-orang yahudi dan nasrani.
======================
Referensi :
Tafsir Aisaru Tafasir
Tafsir Munir

〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰

REKAP TANYA-JAWAB
—————————————

1.Assalamu’alaikum
Saya erlinda. mau tanya, berarti kalo kita ingin mentadabbur i al quran harus tau terjemah nya kan?

Jawab :

Bagi yang belum menguasai bahasa arab, boleh menggunakan terjemah Alquran perkata.  dan idealnya terus belajar memahami Alquran dengan bahasa arab.

2.Assalamu’alaikum, saya ferdi dri bekasi. Afwan ust, apakah berbeda membaca artinya sama mentadaburi? Jazakalloh

Jawab:

Membaca arti di ikuti dengan menghadirkan hati dan pikiran terhadap ayat yang sedang dibaca. tetapi tidak dikatakan tadabbur jika hanya sebatas membaca tapi tidak mengambil pesan ayatnya.

3.Assalamualaikum, saya Fidya. Mau tanya kalau mau baca quran apa harus Wudhu dulu? Syukron

Jawab :

Sebagai seorang mukmin yang mencintai kitab suci Alquran tentu dia sangat memuliakan Alquran dari mulai memperlakukannya. dan seutama utama membaca Alquran dengan kesucian lahir dan bathin. suci badan dan suci bathin.

4.Assalamu alaikum
Sya Rochim di Bogor. Ingin nanya, mengapa para Nabi, shiddiqin, syuhada dah sholihin dikategori sebagai org2 yg mendapat nikmat? Syukron.

Jawab:
Karena mereka adalah yang memiliki tingkat keimanan, pengorbanan dan ujian yang hebat.

5.اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللَّهِ   وَبَرَكَاتُهُ
Afwan ustadz/ah katanya alfatihah ummul qur’an bisa di jelaskan ???

Jawab:

Ummul Quran maknanya adalah induk atau inti dari Al Quran, sedangkan Ummul Kitab maknanya adalah induk atau inti dari kitab. Dinamakan demikian karena inti dari kandungan Al Quran juga terdapat di dalam Al Fatihah.

6.Mau nanya lagi . Bagaimana cara agar kita membaca al quran lalu menangis?. Krn nabi dan para sahabatnya selalu menangis san tersentuh hatinya bila dibacakan ayat..
Jazakallah

Jawab :

1. Bersihkan hati dari kotoran dosa sehingga hati sensitif/lembut mudah menerima kebenaran Alquran.

2.Pahami dan Renungkan maknanya terutama ayat-ayat yang menyentuh seperti ayat-ayat tentang azab, neraka dan balasan terhadap orang-orang berbuat zalim.

3.Yaqinkan bahwa yang kita baca itu adalah kalam Allah  dan Allah mengizinkan kita untuk membacanya.

7.assalamualaikum ustad. ana maryam dari bekasi. afwan ustad ingin bertanya. biasanya ketika sedang memulai membaca AlQuran sendirian, tiba2 suka keluar air mata dan merinding ustad. padahal tidak mengerti artinya. tapi ketika membacanya , suka keluar air mata. pertanda apa ustd ? syukron.

Jawab:

Itu adalah tanda hati yang mencintai Alquran, karena Alquran itu adalah mukjizat, banyak orang tidak memahami maknanya tetapi larut dan tenggelam dalam ayat-ayat itu salah satu kehebatan Alquran. karena Alquran adalah nur/cahaya membuka tabir kegelapan hati sehinga hati mudah tersentuh. namun lebih utama lagi mengerti maknanya.

8.ijin tanya ustadz. Dalam materi yg dishare, kita mentadaburi sambil dilihat kitab tafsirnya jg.

Dan tadi ustadz bilang jika dg membaca artinya kita bisa mengambil pesan ayat. Itu boleh

Pertanyaannya berarti sudah cukupkah jika hanya mampu.mengambil ibroh dg baca artinya saja atau ttp harus baca tafsir?

Jawab:

Idealnya adalah kita memahami tafsirnya tetapi dengan membaca artinya pun ber ulang ulang sudah mewakili tadabbur karena inti dari tadabbur itu adalah menerima pesan ayat.

9.Assalamualaikum
Sy Aben bekasi…

Saya pernah dengar apakah betul setia.. ayat surat Alfatihah ada jawaban dari Allah SWT
Jazakallah ustdz

Jawab :

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa salam bersabda, “Allah Ta’ala berfirman: Aku membagi shalat (maksudnya: Al Fatihah) menjadi dua bagian, yaitu antara diri-Ku dan hamba-Ku dua bagian dan bagi hamba-Ku apa yang ia minta. Jika hamba mengucapkan ’alhamdulillahi robbil ‘alamin (segala puji hanya milik Allah)’, Allah Ta’ala berfirman: Hamba-Ku telah memuji-Ku. Ketika hamba tersebut mengucapkan ‘ar rahmanir rahiim (Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang)’, Allah Ta’ala berfirman: Hamba-Ku telah menyanjung-Ku. Ketika hamba tersebut mengucapkan ‘maaliki yaumiddiin (Yang Menguasai hari pembalasan)’, Allah berfirman: Hamba-Ku telah mengagungkan-Ku. Beliau berkata sesekali: Hamba-Ku telah memberi kuasa penuh pada-Ku. Jika ia mengucapkan ‘iyyaka na’budu wa iyyaka nasta’in (hanya kepada-Mu kami menyebah dan hanya kepada-Mu kami memohon pertolongan)’, Allah berfirman: Ini antara-Ku dan hamba-Ku, bagi hamba-Ku apa yang ia minta. Jika ia mengucapkan ‘ihdiinash shiroothol mustaqiim, shirootolladzina an’amta ‘alaihim, ghoiril magdhuubi ‘alaihim wa laaddhoollin’ (tunjukkanlah pada kami jalan yang lurus, yaitu jalan orang yang telah Engkau beri nikmat, bukan jalan orang yang dimurkai dan bukan jalan orang yang sesat), Allah berfirman: Ini untuk hamba-Ku, bagi hamba-Ku apa yang ia minta.”  (HR. Muslim )

10.Saya hernita dr Bekasi.. Ustadz kalau kita sdg mengkhatamkan Al qur’an apakah kita membaca maknanya stlh kt mmbaca misal bbrp lembar ayat..bgmn cara yg baik dlm bertadabbur qur-an?

Jawab :

Ber iringan, kita baca dulu lafaz Alqurannya, kemudian lihat terjemahnya. bagus lagi memahami perkata. karena ruh Alquran yang sesungguhnya adalah di tadabburi sehingga Alquran benar benar menjadi petunjuk hidup.

11.Mau nanya lg tadz.
Apakah orang islam itu harus mengahapal quran?

Jawab :

Menhafal Alquran hukumnya tidak wajib. tetapi melihat dan mengetahui besar keutamaan para penghafal Alquran sehingga menjadi Magnet        untuk terlibat menjadi penghafal Alquran.

12.Assalamualaikum ustadz…
Sy ummi shofi dr tangerang….
Ketika sy shalat dg bacaan2 ny bahasa al qur’an sy kurang mendalam dlm fokus nya krn sy tdk paham bhs arab..
Tp klw berdoa bisa lebih khusuk lebih bisa nangis krn bahasa nya sy paham…
Apa ktk dalam shalat sy boleh sambil mengingat artinya terutama al fatihah yg sdh hafal artinya….

Jawab :
Boleh asal tidak dilafazkan adapun mengingat dalam hati maka bukan dari bahagian yang melalaikan sholat justru membantu dalam khusu’ dalam sholat.

13. Mau tanya lg tadz
Setelah membaca al quran itu katanya ga boleh baca shodaqallahul adzim. Krn nabi dan para sahabatnya tdk prnh mngajarkannya.
Mohon penjelasan nya. Syukron

Jawab :
Tidak ada doa khusus setelah seseorang selesai membacq Alquran, dan berdoa kepada Allah kapan dan dimana saja tidak ada batasan lebih -lebih saat orang dalam suasana hati yang tenang membaca Alquran maka disaat itu pula seorang yang membaca Alquran menyampaikan permohobannya kepada Allah.

Kalimat shodaqollah yang dibacakan  ketika membaca Alquran bukanlah  sunnah  tetapi menuduh mengucapkan kalimat tersebut adalah bi’dah adalah tidak tepat. jika demikian halnya membaca doa khatam Quranpun nanti bisa menjadi bid’ah. intinya tidak ada larangan untuk berdoa atau mengagungkan Allah dalam keadaan apapun.

Wa Allahu ‘alam.

14. assalamu’alaykum saya nanda dr jakarta. ustadz, dalam mentadabburi al-Qur’an apa hal yg paling penting?

jawab :
Menjaga suasana hati yang bersih, memahami makna yang sedang ditadabburi dan mengkaitkan ayat tersebut kepada peristiwa kehidupan. Mentadabburi bertujuan untuk menambah keimanan, kekhusu’an dan semakin cinta kepada Alquran. mendapatkan hikmah-hikmah yang terkandung didalamnya. memiliki keagungan dalam kandungan ayat-ayatnya.

Al Imam Ibnul Jauzi berkata

,”Seseorang yang membaca al Qur`an, hendaknya melihat bagaimana Allah berlemah-lembut kepada makhlukNya dalam menyampaikan makna perkataanNya ke pemahaman mereka. Dan hendakya ia menyadari, apa yang ia baca bukan perkataan manusia. Hendaknya ia menyadari keagungan Dzat yang mengucapkannya, dan hendaknya ia merenungi perkataanNya.

〰〰〰〰〰〰〰〰〰
Clossing Statement :

……..

———————-oOo—–—————–
PENUTUP

Marilah kita tutup majelis ilmu kita hari ini dgn membaca istighfar, hamdallah serta do’a kafaratul majelis
الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِين

dan istighfar

أَسْتَغفِرُ اَللّهَ الْعَظيِمْ

: Doa penutup majelis :

سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلهَ إِلاَّ أَنْتَ أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوْبُ إِلَيْكَ ٭
Artinya:
“Maha suci Engkau ya Allah, dan segala puji bagi-Mu. Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan melainkan Engkau. aku mohon ampun dan bertaubat kepada-Mu.”

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

~~~~~~~~~~~~~~
®Rumah Dakwah Indonesia

———————-oOo—–—————–

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *