Bahaya Kristenisasi dan Antisipasinya

Notulensi Kajian Rumah Dakwah Indonesia
~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~

Hari : Ahad, 04 Des 2016
Grup : RDI JABODETABEK
Muwajjih : Qosim Nursheha Dzulhadi
Tema : Bahaya Kristenisasi dan Antisipasinya
Moderator : Fildzah
Notulen   : Robiah

MUQADIMAH
————————

بسم الله الر حمن الر حيم

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

إِنّ الْحَمْدَ ِللهِ نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهُ
وَنَعُوْذُ بِاللهِ مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا و مِنْ َسَيّئَاتِ أَعْمَالِنَا
مَنْ يَهْدِهِ اللهُ فَلاَ مُضِلّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْ فَلاَ هَادِيَ لَهُ

Puji syukur kehadirat Allah SWT yang masih memberikan kita nikmat iman, islam dan Al Qur’an semoga kita selalu istiqomah sebagai shohibul qur’an dan ahlul Qur’an dan dikumpulkan sebagai keluarga Al Qur’an di JannahNya..

Shalawat beriring salam selalu kita hadiahkan kepada uswah hasanah kita, pejuang peradaban Islam, Al Qur’an berjalan, kekasih Allah SWT yakninya nabi besar Muhammad SAW, pada keluarga dan para sahabat nya semoga kita mendapatkan syafaat beliau di hari akhir nanti. InsyaaLlah..
Aamiin

========================

Materi :
————-
*Bahaya Kristenisasi dan Antisipasinya*
______________
Qosim Nursheha Dzulhadi

_Perhatikan_ pernyataan berikut ini:

_“Boleh kita simpulkan, bahwa Indonesia adalah suatu daerah Pekabaran Injil yang diberkati Tuhan dengan hasil yang indah dan besar atas penaburan bibit Firman Tuhan. Jumlah orang Kristen Protestan sudah 13 juta lebih, akan tetapi jangan lupa… di tengah-tengah 150 juta penduduk! Jadi tugas Sending Gereja-gereja muda di benua ini masih amat luas dan berat. Bukan saja sisa kaum kafir yang tidak seberapa banyak itu, yang perlu mendengar kabar kesukaan, tetapi juga kaum Muslimin yang besar, yang merupakan benteng agama yang sukar sekali dikalahkan oleh pahlawan-pahlawan Injil. Apalagi bukan saja rakyat jelata, lapisan-bawah, yang harus ditaklukkan untuk Kristus, tetapi juga dan terutama para pemimpin masyarakat, kaum cendikiawan, golongan atas dan tengah”_ (Dr. H. Berkhof, _Sejarah Gereja_, disadur untuk Indonesia oleh: Dr. l. H. Enklaar (Jakarta: PT BPK Gunung Mulia, Cet ke-26, 2010), 321).

Allah sejak hampir 15 abad yang lalu telah ingatkan kita tentang gerakan Kristenisasi alias ‘pemurtadan’ dalam Firman-Nya,

_“Mereka (kaum kaifr) senantiasa “memerangi” kalian, sampai kalian murtad dari agama kalian jika mereka sanggup melakukannya…”_ (Qs. al-Baqarah [2]: 217).

Ikhwah sekalian, dari pernyataan Dr. Berkhof di atas dan kebenaran Firman Allah dalam Qs.2:217 itu, maka kita perlu waspadai gerakan pemurtadan ini. Maka, perhatikan poin-poin berikut ini:

*1.* Kristenisasi berjalan sejak lahirnya Islam. Karena ketika Rasulullah Saw. hijrah ke Madinah langsung berinteraksi dengan kaum Yahudi dan Kristen Najran. Mereka terus berusaha menyimpangkan ajaran Islam agar kembali ke Yahudi atau Kristen.

*2.* Kristenisasi terus berjalan sejak itu sampai hari Kiamat. Tidak akan mati, selama Islam ada. Sasarannya gak ada yang lain: ‘hanya ummat Islam’.

*3.* Kristenisasi sama artinya dengan “Perang ‘Aqidah”. Maka, waspadalah. Dan untuk proyek ini, Yahudi dan Kristen berkolaborasi. Karena dengki kepada kebenaran Islam yang dibawa oleh Islam (cermati, Qs. 2: 109).

*4.* Apa dasar dan alasan mereka harus dan wajib ‘memurtadkan’ ummat Islam? Mari lihat motivasi mereka dalam melakukan pemurtadan:

   1. Memalingkan ummat Islam dari Al-Quran (Qs. Fusshilat: 26).

2. Karena Al-Quran memiliko sikap yang tegas terhadap keyakinan Yahudi dan Kristen.

      a. Al-Quran menjadi “batu ujian” terhadap Taurat dan Injil (Qs. al-Ma’idah: 48).

      b. Karena Al-Quran lebih utama dan sempurna (Qs. az-Zumar: 23). Karena Al-Quran: (1) menjelaskan segala hal (Qs. al-An‘am: 38, an-Nahl: 89) dan (2) menjadi _way of life_ paling mantap (Qs. al-Isra’: 9).

      c. Al-Quran “membongkar” penyimpangan yang ada dalam Taurat dan Injil, yang mencakup: (1) mereke menyembunyikan kebenaran (Qs. al-An‘am: 91); (2) mereka melupakan perjanjian (Qs. al-Ma’idah: 14); (3) mereka memalsukan ajaran mereka, seperti: menulis ayat-ayat kitab mereka dengan tangan mereka sendiri untuk diperjual-belikan (Qs. al-Baqarah: 79); (4) mengubah ayat-ayat Allah dengan sengaja (Qs. al-Baqarah: 75).

       d. Mereka ingin membatalkan kemukjizatan Al-Quran. Mereka putus asa, karena walaupun ditantang oleh Allah untuk bekerjasama dengan jin untuk membuat yang seperti Al-Quran. Tapi, mereka takkan pernah mampu (Qs. al-Isra’: 88).

*5.* Pemurtadan di Indonesia berlangsung sejak lama. Sejak Portugis dan Belanda datang. Karena biasanya Pemurtadan itu ‘setali tiga uang’ kolonialisme. Maka dikenallah istilah “3 G”: Gold, Glory, Gospel. Dalam istilah lain: gerakan bersama Missionarisme, Orientalisme, dan Kolonialisme).

*6.* Implementasinya beragam: beasiswa, pengobatan gratis, germil (gerakan hamilisasi) tehadap muslimah dan aktivis, sampai kepada pengiriman jin jahat dan hipnotis (Ini dalam Konferensi Colorado).

Ada juga penetrasi budaya dan gerakan JIL.

Demikian sekelumit info tentang Pemurtadan. Semoga menjadi renungan kita bersama. Wallahu A‘lam bis-Shawab.
——————————
Materi Diskusi dengan RDI Jabodetabek, Ahad 412

REKAP TANYA-JAWAB
—————————————

1. Ustadz. Misalnya d depan kita, ada yg bilang klo ayat al quran itu ada yg salah, ga semuanya bener. Tp org itu udah tua, tuli. Klo kita sekedar sabar, trmasuk dosa ga, ustadz? Trus klo mereka bilang ayat quran ada yg salah, tp saat lg ga ada kita atau ga di depan kita, sedangkan jumlah mereka yg kafir jauh lbh banyak dr kita yg muslim, baikny kita doain aja atau kita tetep berdosa karna kita ga mengklarifikasi ke mereka klo pemikiran mereka salah. Sdangkan klo ceramah sama mereka, jml mereka lbh banyak. Bisa pecah kekeluargaan kita


بسم الله الرحمن الرحيم،
_Serulah manusia ke jalan Rabbmu dengan bijaksana, dengan nasihat yang baik, dan debatlah mereka dengan argumentasi yang paling baik_ (Qs. an-Nahl: 125).

Maka, ajak diskusi dan persiapkan dengan maksimal. Di sini ilmu Kristologi amat membantu.

Dalam hal ini, milikilah buku _The Choice_ karya Ahmed Deedat. Dah diterjemahkan dan diterbitkan di Pustaka Al-Kautsar, Jakarta.
┅┅┅┅┅┅┅┅┅┅┅┅┅┅┅┅┅┅┅┅┅
2. Ustadz, Sya bekerja dg org non muslim,dia seorg tionghoa dan beragama kristen,,
Slama in mrk baik memberiku waktu untuk ibdah bahkan ketika aku blik dri masjid mendahului jama’ah msjid yg lain dia protes,knp knp kluar dluan? dia juga memahami ku sbg org islam ,kalo ad hari besar islam dia meliburkan karyawannya spt sholat idul fitri dan idul adha., tpi terkdang sya bingung cra menjelesakan ketika dia bertanya knp org islam tdk mau berobat dg air suci yg dri gereja,pdhal dlu dia memakai bunga fatimah agar pesalinannya lancar??


بسم الله الرحمن الرحيم،
1. Kebaikan dari siapapun harus diihargai, selama tidak ada maksud dan tujuan terselubung (Kristenisasi).

2. Masalah air suci gereja, kita sbg Muslim meyakini bahwa air gereja tidak suci. Sangat mungkin bernajis, karena tak dapat pastikan kesuciannya. Maka, kita harus waspada.

Dan, saat ini banyak yg gunakan air utk hipnotis. Perlu kita waspadai.

———————–
3. Afwan ustadz, ana ingin bertanya…

Gambaran contoh mengenai impelementasi yang terjadi pada beasiswa itu apa ya ustadz?

Jawab : بسم الله الرحمن الرحيم،
Kepintaran seorang siswa penting bagi kaum Yahudi dan Kristen. Maka, ia bisa dibidik utk disekolahkan keluar negeri, misalnya: McGill. Full beasiswa, sampai doktoral pun bisa.

Kebanyakan mereka ketika pulang menjadi: Pluralis yang anggap semua agama benar dan absah masuk surga. Di Indonesia banyak korbannya. Ada Ulil, ada Sukidi, dll. Minimal mereka liberal dan sekular.

Karena prinsip Kristenasi Samuel Zwemmer adalah: _Biar saja umat Islam tak keluar dari agamanya, tapi pikirannya tak lagi Islami_

———————-

4. Bilqis: bagaimana dengan hari ibu ustadz? Apakah kita boleh memperingatinya ustadz?

Jawab: بسم الله الرحمن الرحيم،
Hari ibu boleh saja diikuti selama tidak ada penyimpangan. Karena sama dengan peringatan yang lain. Karena bisa jadi ia mengandung manfaat besar utk ingatkan org2 yg mungkin lalai kepada kewajibanya terhadap ibunya. Artinya, ambil momentum uuntuk amal-saleh.

———————–
5.  Selain gerakan JIL, ada juga Kristenisasi lewat Valentine Day

Maksudnya bagaimana Ustadz ?

Jawab: بسم الله الرحمن الرحيم،
Banyak anak muda ditipu dengan gerakan Peringatan Valentine Day (katanya hari cinta sedunia). Akhirnya terjadi perzinaan. Padahal dalam agama Yahudi dan Kristen zina hal biasa dilakukan.

Tanpa sadar, itulah kristenisasi lewat istilah ‘Penetrasi Budaya’.

———————-
6. saya tanya ustad lalu apakah kita boleh jika merayakan hari ulang tahun? Syukron

Jawab : بسم الله الرحمن الرحيم،
Lebih utama konsepnya diubah dengan: tasyakkuran. Karen konsep ultah murni Barat-Kristen: nyanyian aneh, tiup lilin dan matikan lagi, plus harus setiap tahuan siap2 undang kawan anak kita, dsb.

Jika terjebak mubazzir, kita sudah jadi kawan setan. Na‘udzu billah min dzalik. Lebih selamat konsep Islam dengan istilah Tahadduts bin-Ni‘mah yang kapan saja dapat mengundang orang lain.

———————–
7. ustadz kan didaerah saya ada “pengobatan gratis” nah nanti ujung-ujungnya murtad… cara membentengi warga desa supaya gak tergiur ikut itu gimana? Masalahnya “iming-imingan” mereka sangat manjur dan membuat tergoda…

Jawab : بسم الله الرحمن الرحيم،
Selain bangunan aqidah masyarakat kita perlu kuat. Penting kita sebagai punya kelebihan ekonomi dan juga punya altermatif informasi pengobatan. Misalnya, jejaring org kaya Muslim yg loyal kepada Islam harus dirangkul utk biayai pasien Muslim.

Kita belajar banyak dari gerakan Bela Islam 411 dan 212, ternyata kita hebat.

———————-
8. Ustadz, mau nanya. Misalny ada org yg kita sayang, tp mereka kristen. Amal apa yg bisa mbuat Allah kirimkan cahaya petunjukny kpada mereka juga seperti Allah berikan cahayaNya kpd org2 yg Allah pilih. Soalny mereka sudah baik sekali kpada saya, bahkan mereka kluarga kecil.

Jawab : بسم الله الرحمن الرحيم،
Seperti Abu Thalib kepada Nabi Saw. Kafir tapi sll lindungi dan bantu Nabi Saw. Apa yg dilakukan Nabi Saw? 1. Didakwahi, 2. Didoakan agar dapat hidayah. Kemudian, perlakukan dengan baik sesuai akhlak Islam karena dia bisa jadi saudara setempat, atau bahkan saudara lain aqidah. Semoga dia dapat hidayah.

Contoh lain, Nabi Ibrahim yg doakan bapaknya sang pembuat berhala.

———————-
9. Ustadz, apakah kita boleh bekerja di perusahaan dimana pemiliknya adalah non muslim?

Jawab : بسم الله الرحمن الرحيم،
Selama blm ada alternatif yang pas, dibolehkan. Selama hal2 di tempat bekerja itu tak merusak aqidah dan ibadah.

Kalau sudah melarang shalat atau ibadah lainnya, maka ia pantas ditinggalkan.

Insya Allah, Allah adalah ar-Razzaq: akan limpahkan rezeki-Nya kepada kita, slm kita bekerja dan usaha dengan baik dan benar karena Allah.

———————-
10. Klo argumen yg paling kuat bisa dilihat dr mana saja, ustadz? Agar dakwahny sukses ke noni tanpa mencela, tanpa mnimbulkan permusuhan.

Jawab :  بسم الله الرحمن،
Praktisnya di Sirah Nabawiyah. Praktik dakwah Nabi Saw.

———————-
11. Assalamualaikum ustadz Ana erlin
Mau menanya klo pas hari raya idul fitri itu kan saling memaafkan. Nah sy punya teman yg NONI. Dia bersalaman dg sy sambil mengucap minal aidzin wal faidzin. Trs ana harus jawab gmn?
Syukron

Jawab : بسم الله الرحمن الرحيم،
Ucapkanlah terima kasih. Karena itu ucapan yang baik.

Ajaklah ke dalam Islam, karena itu hari baik untuk berdakwah. Misalnya, “Saya berharap tahum depan kita shalat bareng ya.” Insya Allah akan sejuk hasilnya.

———————
12. Ustadz saya dian ,saya ingin bertanya implementasi toleransi antar umat beragama yg benar itu seperti apa ya stadz?

Jawab : بسم الله الرحمن الرحيم،
Implementasinya adalah: saling hormat-menghormati. Maka, perbuatan Ahok tidak toleran karena mengomentari kitab suci orang lain pada tempat dan waktu yang tak tepat.

———————-oOo—–—————–
PENUTUP

Marilah kita tutup majelis ilmu kita hari ini dgn membaca istighfar, hamdallah serta do’a kafaratul majelis
الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِين

dan istighfar

أَسْتَغفِرُ اَللّهَ الْعَظيِمْ

: Doa penutup majelis :

سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلهَ إِلاَّ أَنْتَ أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوْبُ إِلَيْكَ ٭
Artinya:
“Maha suci Engkau ya Allah, dan segala puji bagi-Mu. Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan melainkan Engkau. aku mohon ampun dan bertaubat kepada-Mu.”

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

~~~~~~~~~~~~~~
®Rumah Dakwah Indonesia

———————-oOo—–—————–

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *