Persiapan Menghadapi Kematian

Review anda

Notulensi Kajian Bulanan Rumah Dakwah Indonesia
~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~

Hari : Jum’at
Grup : 17 Akhwat
Muwajjih : Bunda Susay
Tema : Persiapan Menghadapi Kematian
Admin : Biah
Moderator : Silvy
Notulen : Silvy

MUQADIMAH
————————

بسم الله الر حمن الر حيم

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

إِنّ الْحَمْدَ ِللهِ نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهُ
وَنَعُوْذُ بِاللهِ مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا و مِنْ َسَيّئَاتِ أَعْمَالِنَا
مَنْ يَهْدِهِ اللهُ فَلاَ مُضِلّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْ فَلاَ هَادِيَ لَهُ

Puji syukur kehadirat Allah SWT yang masih memberikan kita nikmat iman, islam dan Al Qur’an semoga kita selalu istiqomah sebagai shohibul qur’an dan ahlul Qur’an dan dikumpulkan sebagai keluarga Al Qur’an di JannahNya..

Shalawat beriring salam selalu kita hadiahkan kepada uswah hasanah kita, pejuang peradaban Islam, Al Qur’an berjalan, kekasih Allah SWT yakninya nabi besar Muhammad SAW, pada keluarga dan para sahabat nya semoga kita mendapatkan syafaat beliau di hari akhir nanti. InsyaaLlah..
Aamiin

========================

Materi :
————-

اَلْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي أَنْزَلَ السَّكِينَةَ فِي قُلُوبِ الْمُؤْمِنِينَ لِيَزْدَادُوا إِيمَانًا مَعَ إِيمَانِهِمْ ۗ وَلِلَّهِ جُنُودُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ ۚ وَكَانَ اللَّهُ عَلِيمًا حَكِيمًا

َأَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُولُهُ

اَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلىَ مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَأَصْحَابِهِ أَجْمَعِينَ وَمَنْ تَبِعَهُ بِالهُدَى إِلىَ يَوْمِ الدِّينِ

Alhamdulillah, Dialah Allah yang telah menurunkan ketenangan ke dalam hati orang-orang mukmin supaya keimanan mereka bertambah di samping keimanan mereka (yang telah ada). Dan kepunyaan Allah-lah tentara langit dan bumi dan adalah Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana

Aku bersaksi tidak ada tuhan yang berhak disembah selain Allah, dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba dan utusan-Nya

Ya Allah limpahkanlah shalawat dan salam kepada Nabi Muhammad dan kepada keluarganya serta kepada para sahabatnya dan kepada para pengikutnya yang membawa dinul islam hingga akhir zaman.

أما بعد

Membahas tema ini

Hati tak berbunga bunga
Seperti halnya ketika membahas tema cinta
Namun harus disadari kematian itu pasti
Tak akan ada satupun makhluk yang dapat menghindarinya

Mari kita renunggi lebih dalam lagi. Mungkin selama ini betapa galaunya kita
Ketika jodoh blm datang mendekat, dan segala kegalauan hidup lainnya. Bisa jadi di hari-hari menjelang Romadhon ini justru ada ajal kita di sana.

Ya ilahi robbii…
Sampaikan umur kami ke Romadhon mubarak
Sampaikan ya Allah ..

Mari kita bahas amalan yang bisa mengantarkan kita untuk selalu siap menghadapi kematian

Saudaraku, setiap waktu merupakan ladang pahala bagi setiap muslim… Oleh sebab itu, janganlah kau lewatkan setiap jengkal waktu yang engkau lalui dengan kesia-siaan dan merugikan diri sendiri.

Berikut ini, akan ada  tiga buah amalan yang agung di sisi Allah, amalan yang dicintai-Nya, amalan yang akan mendekatkan dirimu kepada-Nya, amalan yang akan menentramkan hatimu dimanapun kau berada, amalan yang akan menjadi tabunganmu menyambut hari esok setelah ditiupnya sangkakala dan hancurnya dunia beserta segenap isinya…

Semoga Allah mengumpulkan kita bersama para nabi, shiddiqin, syuhada, dan orang-orang salih di dalam surga-Nya…, Allahumma amin.

1. Perbanyaklah berdzikir kepada-Nya

Allah ta’ala berfirman (yang artinya), “Ingatlah kalian kepada-Ku niscaya Aku pun akan mengingat kalian.” (QS. al-Baqarah: 152). Allah ta’ala berfirman (yang artinya), “Hai orang-orang yang beriman, ingatlah kepada Allah dengan sebanyak-banyaknya…” (QS. al-Ahzab: 41). Allah ta’ala berfirman (yang artinya), “Hai orang-orang yang beriman, janganlah harta dan anak-anak kalian melalaikan kalian dari mengingat Allah.” (QS. al-Munafiqun: 9).

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Tidaklah suatu kaum berkumpul seraya mengingat Allah, melainkan pasti malaikat akan menaungi mereka, rahmat meliputi mereka, ketentraman turun kepada mereka, dan Allah akan menyebut-nyebut nama mereka di hadapan malaikat yang di sisi-Nya.” (HR. Muslim)

2. Tetaplah berdoa kepada-Nya

Allah ta’ala berfirman (yang artinya), “Rabb kalian berfirman; Berdoalah kepada-Ku niscaya Aku kabulkan. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri sehingga tidak mau beribadah (berdoa) kepada-Ku pasti akan masuk neraka dalam keadaan hina.” (QS. Ghafir: 60). Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Tiada suatu urusan yang lebih mulia bagi Allah daripada doa.” (HR. al-Hakim). Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Barangsiapa yang tidak berdoa kepada Allah subhanah, maka Allah murka kepada dirinya.” (HR. Tirmidzi dan Ibnu Majah).

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Rabb kita tabaraka wa ta’ala setiap malam yaitu pada sepertiga malam terakhir turun ke langit terendah dan berfirman, ‘Siapakah yang mau berdoa kepada-Ku niscaya Aku kabulkan, siapakah yang mau meminta kepada-Ku niscaya Aku beri, siapa yang mau meminta ampunan kepada-Ku niscaya Aku ampuni.” (HR. Bukhari dan Muslim)

3. Mohon ampunlah kepada-Nya

Allah ta’ala berfirman (yang artinya), “Tidaklah Allah akan menyiksa mereka sementara kamu berada di tengah-tengah mereka, dan tidaklah Allah akan menyiksa mereka sedangkan mereka selalu beristighfar/meminta ampunan.” (QS. al-Anfal: 33).

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Demi Allah, sesungguhnya aku setiap hari meminta ampunan dan bertaubat kepada Allah lebih dari tujuh puluh kali.” (HR. Bukhari).

Saudaraku,… perjalanan waktu menggiring kita semakin mendekati kematian… Oleh sebab itu marilah kita isi umur kita dengan dzikir, doa, dan taubat kepada-Nya. Mudah-mudahan kita termasuk golongan yang dicintai-Nya, diampuni oleh-Nya, dan mendapatkan rahmat dari-Nya…

REKAP TANYA-JAWAB
—————————————

1. Bunsay, jika ada anak adam telah berhijrah dari kehidupan yg jahil. Lalu ada orang lain yg meniru perbuatannya di masa jahil tsb. Apakah ia terkena dosa jariyah?? Jazakillah khoir

Jawab

Jika kita telah berhijrah ,ketika ada yang meniru perbuataan jahil kita dahulu maka kita berkewajiban menyampaikan ke pada mereka bahwa apa yang kita kerjakan dahulu adalah salah dalam artian kita berusaha mendakwahi mereka semampu yang kita bisa …setelah itu kita tawakal sepenuhnya pada Allah, sebab Allah maha mengetahui segalanya ..kita yang telah hijrah benar benar bertaubat atas segala perbuatan kita

Mari terus memperbaiki diri cintaku
Jangan pernah berputus asa dari Rahmat dan kasih sayang Allah …Yakin dalam hati walau kesalahan kita seluas lautan namun ampunan Allah lebih luas ..seluas langit dan buminya Allah ..

Wallahua’lam

2. Ummi, jika ada yang terdzolimi karena kita secara tidak sengaja, apakah benar kita tak akan masuk surga sampai mendapat maafnya? Bagaimana jika kita tidak tahu bahwa kita menyakitinya? Apakah kita tidak terampuni meski sudah berusaha melakukan kebaikan? Jazakillah ummi

Jawab

Cintaku
Jika sesuatu yang kita tidak sengaja atau ketahui maka kita lepas dari kafarat dosa atas perbuatan tersebut..
Akan tetapi sebagai hamba Allah hendaklah kita senantiasa memohon ampunanNya sebab ada hal hal yang diluar batas pengetahuan kita manusia..
Terkadang maksud hati tak demikian , tapi pada kenyataannya ada hati yang tergores karena kita
Ada jiwa yang merana sebab kita ..
Astagfirullah
Mohon ampunan Mu ya Allah atas khilaf dan dosa kami baik yang kami sengaja ataupun tidak ..

Aamiin..

3. Allah itu melihat proses bukan hasil, tapi seseorang dilihat dari kematian. Misal orang sering sholat meninggal saat sholat lalu orang sering nge-game meninggal saat gaming. Bagaimana itu umm?

Jawab

Kematian merupakan salah satu rahasia Allah
Di jadikan demikian , agar kita hambaNya
Benar benar bersiap diri menghadapinya
Sebab kematian merupakan peringatan
Buat manusia yang masih hidup
Sekaligus menjadi jalan
Pemutus segala kenikmatan dunia

Akhir yang indah ataupun akhir yang menyedihkan
Dari kehidupan manusia sudahlah di tentukan oleh
Allah

Intinya kita manusia di suruh TAAT
moga dengan ketaatan tersebut menjadikan
Akhir hidup kita indah

Kalaupun kita melihat ada yang akhir hidupnya menyedihkan
Maka kita harus berprasangka baik
Moga allah ampuni dosa saudara kita tersebut
Yangnpaling utama apakah kita bisa menjadikan
Ibroh atas segala kejadian yang kita lihat tersebut ..

Wallahua’lam

Clossing Statement :

———————-oOo—–—————–
PENUTUP

Marilah kita tutup majelis ilmu kita hari ini dgn membaca istighfar, hamdallah serta do’a kafaratul majelis
الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِين

dan istighfar

أَسْتَغفِرُ اَللّهَ الْعَظيِمْ

: Doa penutup majelis :

سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلهَ إِلاَّ أَنْتَ أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوْبُ إِلَيْكَ ٭
Artinya:
“Maha suci Engkau ya Allah, dan segala puji bagi-Mu. Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan melainkan Engkau. aku mohon ampun dan bertaubat kepada-Mu.”

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

~~~~~~~~~~~~~~
®Rumah Dakwah Indonesia

———————-oOo—–—————–

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *