Rekap Tanya Jawab Syariah (156)

Rekap Tanya Jawab Syariah (156)
Rumah Dakwah Indonesia

1. Assalamualaikum.. Mau nanya.. Rosulullah ada mengajarkan doa saat tahhiyat akhir sholat yg bunyinya allahumma inni auzubika min ‘azabil qobri wa min azabil jahanam dst, pertanyaan nya apakah doanya dibacakan dengan gerakan mulut (dilafalkan) atau hanya dalam hati saja.. klw memang d lafalkan  apakah tidak membatalkan sholat.. ? Jazakillah

Jawaban

lirih
cukup untuk didengar diri sendiri, dan tidak terdengar orang lain

© Ustadz Hizbullah Ali

2. Bagaimana membedakan sesuatu yg menimpa kita itu sbgai ujian atau malah teguran ustad/dzah.

Jawaban

ujian itu datang untuk menguji keimanan seseorang, apakah saat diuji dengan musibah ia bisa menpertahankan imannya, begitu pun saat ujian dalam bentuk nikmat apakah ia mampu pertahankan tingkat imannya.

ujian terberat adalah ujian nikmat
teguran … baru kali ini ana ditanyakan tentang hal ini, biasanya ditanya apa perbedaan ujian, cobaan, dan azab

Teguran ada dua artian …
yang pertama ketika seorang lalai akan kewajibannya, lalu Allah berikan satu pertanda untuk melihat, apakah ia mau menyadarinya

yang kedua seorang yang tingkat imannya kuat, sehingga ia merasa Allah selalu ada dekat dengannya, dan ia selalu merasa ditegur oleh Allah jika ada yang kurang pantas akan niat dan perbuatan yang akan ia lakukan, hingga ia selalu terhindar dari perbuatan dosa.

والله أعلم

©Ustadz Hizbullah Ali

3. Ustadz/ustadzah…apa yang harus kita lakukan ketika ada laki2 yang datang melamar tapi kitanya nda suka… bolehkah kita menolak? karena takut pekerjaannya dekat dengan praktek suap, walau pun belum tentu laki2 itu terlibat…. bagaimana menurut ustadz/ustadzah….?

Jawaban

Ahsannya, wanita yang baik itu jika ada lelaki yang mau melamarnya, maka janganlah langsung menolaknya, apalagi kalau cuma faktornya: kegantengan, jabatan. Dsb
Tapi jika punya hak untuk memilih pasangan yang terbaik, dari sisi iman, akhlak dan agamanya

©Ustadz Ade Asmari

4. Ass’alamualaykumwrwb mau bertanya ustadz.  Apakah masih sah puasa kalau  mimpi basah di saat tidur siang hari? Mohon pencerahannya ustadz. Trmimakasih.

Jawaban

Masih syah puasanya. Jika mimpi basahnya tidak di sengaja. Seperti sebelum tidurnya ia nonton film yang bukan2, atau melihat yang bukan2.

© Ustadz Ade Asmari

===================================
Muwajjih Rumah Dakwah Indonesia
Tim P n K
===================================

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *