Rajab Dalam Pandangan Islam

Review anda
ยฉRumah Dakwah Indonesia๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ
Kamis 09 Rajab 1438/06 April 2017
Oleh: Ustadzah Eva Muzlifah
(Muwajjih Rumah Dakwah Indonesia)
RAJAB DALAM PANDANGAN ISLAM
Ada 2 Hadits shohih tentang Puasa Bulan Rajab yaitu:
1. ุนู† ุฃุณุงู…ุฉ ุจู† ุฒูŠุฏ ู‚ุงู„: ู‚ู„ุช: ูŠุง ุฑุณูˆู„ ุงู„ู„ู‡ุŒ ู„ู… ุฃุฑูƒ ุชุตูˆู… ุดู‡ุฑุงู‹ ู…ู† ุงู„ุดู‡ูˆุฑ ู…ุง ุชุตูˆู… ู…ู† ุดุนุจุงู†ุŒ ู‚ุงู„: “ุฐู„ูƒ ุดู‡ุฑ ูŠุบูู„ ุงู„ู†ุงุณ ุนู†ู‡ ุจูŠู† ุฑุฌุจ ูˆุฑู…ุถุงู† ูˆู‡ูˆ ุดู‡ุฑ ุชุฑูุน ููŠู‡ ุงู„ุฃุนู…ุงู„ ุฅู„ู‰ ุฑุจ ุงู„ุนุงู„ู…ูŠู†ุŒ ูุฃุญุจ ุฃู† ูŠุฑูุน ุนู…ู„ูŠ ูˆุฃู†ุง ุตุงุฆู…” ุฑูˆุงู‡ ุงู„ู†ุณุงุฆูŠ ูˆุฃุญู…ุฏ
Dari Usamah bin Zaid berkata: aku bertanya wahai Rasulullah SAW aku belum pernah lihat engkau puasa sebulan puasa selain dari Bulan Sya’ban. Bersabda Rasulullah SAW: hal itu karena Sya’ban bulan yang dilupakan oleh manusia berada antara Rajab dan Ramadhan. Dia adalah bulan yang diangkat amal ke hadapan Allah robbulalamin dan aku suka jika amal aku diangkat keadaanku sedang puasa.
(HR. Annasai dan Ahmad)
Keterangan hadits.
Bulan yang dianjurkan untuk banyak puasa adalah Bulan Sya’ban, bukan Rajab.ย  Kenyataannya masyarakat Islam banyak yang melupakannya. Bahkan melakukan yang sebaliknya lebih banyak puasa di Rajab bukan Sya’ban.
Bukan gak boleh puasa di bulan Rajab, ย sangat boleh sekali puasa di bulan Rajab tapi Islam tidak menentukan waktu-waktu nya secara khusus. Jadi bisa ikuti syariat puasa yang sudah ada seperti puasa senin kamis atau ayyamulbidh atau puasa daud.
Jika ditanya kembali antara puasa senin kamis, ayyamulbidh dan puasa daud mana yang lebih afdhol.
Jawabannya:
Yang pasti semua puasa baik senin kamis atau ayyamulbidh atau daud telah ada syariatnya dalam Islam, dengan keutamaan yang berbeda dari masing-masing puasa tersebut.
Kalo mau ambil yang senin kamis berarti setiap pekan hanya dapat puasa 2 hari senin dan kamis saja. Sebulan jika ada 4 pekan dapat puasa 8 hari saja. Kalo mau puasa ayyamulbidh, sebulan hanya puasa 3 hari saja tanggal 13, 14, 15 bulan Rajab. Kalo mau puasa daud sebulan dapat puasa 15 hari. Jika melihat jumlah banyaknya hari puasa dalam sebulan maka alangkah baiknya puasa yang daud.
Tapi dikembalikan kepada kemampuan masing-masing pribadi saja. Semua puasa tersebut baik karena ada syariatnya dan mempunyai keutamaan yang berbeda-beda.
2. ุนู† ุนุซู…ุงู† ุจู† ุญูƒูŠู… ุงู„ุฃู†ุตุงุฑูŠ -ุฑุถูŠ ุงู„ู„ู‡ ุนู†ู‡- ู‚ุงู„: ุณุฃู„ุช ุณุนูŠุฏ ุจู† ุฌุจูŠุฑ ุนู† ุตูˆู… ุฑุฌุจุŒ ูˆู†ุญู† ูŠูˆู…ุฆุฐ ููŠ ุฑุฌุจุŒ ูู‚ุงู„: ุณู…ุนุช ุงุจู† ุนุจุงุณ -ุฑุถูŠ ุงู„ู„ู‡ ุนู†ู‡ู…ุง- ูŠู‚ูˆู„: “ูƒุงู† ุฑุณูˆู„ ุงู„ู„ู‡ -ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู…- ูŠุตูˆู… ุญุชู‰ ู†ู‚ูˆู„ ู„ุง ูŠูุทุฑุŒ ูˆูŠูุทุฑ ุญุชู‰ ู†ู‚ูˆู„ ู„ุง ูŠุตูˆู…” ุฑูˆุงู‡ ู…ุณู„ู… ูˆุฃุจูˆ ุฏุงูˆุฏ
Dari Utsman bin Hakim Alanshory ra berkata: “Aku bertanya kepada Said bin Jubair tentang puasa rajab, lalu dia berkata: aku pernah mendengar Ibnu Abbas ra berkata; adalah Rasulullah SAW berpuasa di bulan Rajab sampai-sampai kami menyangka beliau tidak pernah berbuka dan beliau berbuka sampai-sampai kami menyangka beliau tidak pernah berpuasa.”
(HR. Muslim dan Abu Daud)
Keterangan hadits:
Rasulullah SAW ketika bulan Rajab terkadang banyak berpuasa dan terkadang tidak puasa. Sehingga dipahami bahwa Islam tidak mengagungkan puasa di bulan Rajab secara khusus bahkan mayoritas fuqoha memakruhkannya seperti Imam Malik, Imam Syafii dan Imam Ahmad.
ู‚ุงู„ ุงุจู† ู‚ุฏุงู…ุฉ ุงู„ุญู†ุจู„ูŠ: “ูˆูŠูƒุฑู‡ ุฅูุฑุงุฏ ุฑุฌุจ ุจุงู„ุตูˆู…”
Berkata Ibnu Qudamah Alhambaly: makruh mengkhususkan Rajab dengan puasa (kitab Almughni jilid 3 hal 53)
ู†ู‚ู„ ุงู„ุจูŠู‡ู‚ูŠ ุนู† ุงู„ุดุงูุนูŠ ู‚ูˆู„ู‡ ููŠ ุงู„ู‚ุฏูŠู…: “ุฃูƒุฑู‡ ุฃู† ูŠุชุฎุฐ ุงู„ุฑุฌู„ ุตูˆู… ุดู‡ุฑ ูŠูƒู…ู„ู‡ ู…ู† ุจูŠู† ุงู„ุดู‡ูˆุฑุŒ ูƒู…ุง ูŠูƒู…ู„ ุฑู…ุถุงู†ุŒ ูˆูƒุฐู„ูƒ ุฃูƒุฑู‡ ุฃู† ูŠุชุฎุฐ ุงู„ุฑุฌู„ ูŠูˆู…ุงู‹ ู…ู† ุจูŠู† ุงู„ุฃูŠุงู…ุŒ ูˆุฅู†ู…ุง ูƒุฑู‡ุช ุฐู„ูƒุ› ู„ุฆู„ุง ูŠุชุฃุณู‰ ุฌุงู‡ู„ุŒ ููŠุธู† ุฃู† ุฐู„ูƒ ูˆุงุฌุจ”
Berkata Imam Baihaqi bahwa Imam Syafii berpendapat dalam pendapat lamanya: dimakruhkan untuk puasa sebulan penuh di bulan Rajab seperti yang disyariatkan pada bulan Ramadhan. Bahkan beliau juga memakruhkan jika puasa sebagian hari dari bulan Rajab dikarenakan mengikuti orang jahiliyah sehingga orang awwam akan menyangka puasa tersebut wajib” (kitab Sya’bul Iman jilid 5 hal 330)
Semoga dengan sedikit penjelasan tentang puasa Rajab ini masyarakat bisa memahami hukum yang sebenarnya dari puasa Rajab. Aamiiin
BP2A-RDI/308/3/VII/1438

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *