Rekap Tanya Jawab Syariah (217)

Rekap Tanya Jawab Syari’ah (217)
Rumah Dakwah Indonesia

=====================================

1. Assalamu’alaykum… pertanyaannya: Apa hukum menabung emas di pegadaian syariah?

Jawaban:

waalaykumussalam wrwb. menabung emas hukumnya boleh jika emasnya jelas berwujud, bukan hanya angka2 tp sbenarnya tdk ada emasnya.

©Ustadz Robin

2. Assallammualaykum
Afwan mau nanya. Maksudnya begini, petani pinjam duit ke kita trus sawahnya kita yg tanami sampai sekian lama sesuai kesepakatan sampai dia bayar hutangnya.hukumnya boleh gak yaa?apakah ada riba ddalamnya

Jawaban:

salah satu pengertian riba adl setiap keuntungan yg diambil dalam akad pinjaman.

jadi, jika seseorang meminjam uang kepada kita, lalu kita memanfaatkan sawahnya untuk kepentingan kita, shingga kita mdapatkan keuntungan lebih selain uang yg akan dikembalikan oleh peminjam, maka “keuntungan lebih” tersebut masuk dalam kategori riba.

wallahu a’lam

©Ustadz Robin

3. Dlm islam kita sbg seorg istri di wajibkan patuh & taat kpd suami, jg di larang membuka aib suami. Apa hukumnya kl kita bilang ke org lain tentang kejelekan suami. Kisah nyata dr temannya tmn. Seorg istri diuber2 debt colector krn utang2 suaminya sdg dia tdk tahu msl utang itu & dia tdk punya uang utk byrnya. Sang istri terpaksa bilang ke debt colector kl suaminya di penjara krn mencuri krn dia tdk tahan ditagih terus menerus. Berdosakah sang istri ?

Jawaban:

Masalah dosa itu adalah hak prerogratif Allah, kita tidak bisa memutuskan seseorang berdosa atau tidak.

Dalam kasus diatas termasuk dalam kategori kebohongan yang tidka diperbolehkan, Suami bliau meminjam tentunya sudah tahu aturannya, cara penagihan dan konsekuensinya sebelum meminjam uang kepada peminjamnya. Cobalah diskusikan dgn suaminya, drmana asal hutang itu, peruntukannya dan cari solusinya. Satu kebohongan akan memunculkan kebohongan baru untuk menutupi kebohongan sebelumnya. Minta suaminya bertanggungjawab, hadapi masalahnya.

Dilarang membuka aib suami kepada orang lain. Jagalah kemuliaan suaminya dengan menjagaaib-aibnya di depan orang lain.

©Ustadz Rudianto Surbakti

4. Ada seorang perempuan yg akan dipinang laki2 beristri…
Perempuan mau menerima laki2 tsb apa adanya…asalkan status laki2 tsb tidak di bahas di hadapan ortu si perempuan..
Sederhananya….si perempuan gak mau ortu nya tau kalo laki2 tsb sudah beristri…
Dg alasan..agar ortu tidak banyak kepikiran anaknya, demi kebaikan ortu…krn sejatinya si perempuan mau menerima laki2 tsb apa adanya dan mau di pinang…

Bagaimana jika seperti itu…bolehkah???

Jawaban:

Jangan mulai pernikahan dengan menanam bom waktu yang satu saat akan meledak dan jadi masalah besar. Jujurlah kepada orang tua, terangkan alasan menikahinya dan mengapa memilihnya. Sampaikan dengan ahsan dan cari cara yang bisa diterima orang tua. Justru orang tua akan menjadi lebih stress dan terpukul saat tahu suami anaknya sdh menikah dan ternyata selama ini anaknya membohonginya.. Wallahu’alam.

©Ustadz Rudianto Surbakti

=====================================
Muwajjih Rumah Dakwah Indonesia
Tim P n K

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *