Rekap Tanya Jawab Syariah (219)

Rekap Tanya Jawab Syari’ah (219)
Rumah Dakwah Indonesia
=====================================

1. Solat sunah yg seblum mlm pertma itu disebut sholat apa,,, dan lafaz niatnya bagaimana..? Syukron

Jawaban:

Jawab atas pertanyaan ttg sholat sunnah dimalam pertama :

Tidak ada nama khusus yang diberikan kepada sholat tersebut, tiada pula riwayat yang menyebutkan Rasulullah mengerjakan sholat tersebut hanya saja ada salaf yang mengerjakannya sebagaimana keterangan berikut ini. Dan para ulama membolehkannya bahkan mengatakannya sebagai sunnah.

في الحديث: “إذا أفاد أحدكم امرأة أو خادماً أو دابة، فليأخذ بناصيتها وليقل:
Disebutkan dalam hadits yang diriwayatkan oleh Ibn Majah dan dishahihkan oleh al-Albani : apabila salah seorang kalian baru saja menikah atau mendapatkan seorang budak atau hewan tunggangan yang baru maka hendaklah ia pegang ubun-ubunnya dan berdoa:

اللهم إني اسألك من خيرها وخير ما جبلت عليه، وأعوذ بك من شرها وشر ما جبلت عليه”
Artinya : ya Allah sesungguhnya aku meminta kepadamu kebaikannya dan kebaikan penciptaannya, dan berlindung kepadamu dari keburukannya dan keburukan asal penciptaannya.

Disunnahkan pula untuk sholat bersamanya 2 rakaat kemudian berdoa dengan doa yang diriwayatkan seperti riwayat Imam Abdurazzaq dalam kitab Mushannaf nya pada kitab An-nikaah diriwayatkan dari Abu Wail ia berkata : telah datang seseorang dari Bujailah kepada Abdullah bin Mas’ud kemudian ia berkata : sesungguhnya aku baru saja menikahi seorang gadis tapi aku khawatir ia akan mencakarku, maka Abdullah bin mas’ud berkata : sesungguhnya ilfun (= ulfah = perasaan akrab di  hati) itu datangnya dari Allah, sedangkan keinginan mencakar/ kemarahan itu datang dari syaithan demi melemparkan rasa tak suka akan sesuatu yang halal baginya maka saat ia sudah diantarkan kehadapanmu suruhlah ia sholat dua rakaat dibelakangmu (berjamaah bersamamu). Al-A’masy berkata : kuceritakan hal ini kepada Ibrahim dan Abdullah bin mas’ud berkata ucapkanlah doa:
اللهم بارك لي في أهلي، وبارك لهم فيَّ، اللهم ارزقني منهم وارزقهم مني، اللهم اجمع بيننا ما جمعت إلى خير، وفرق بيننا إذا فرقت إلى خير.
Artinya : Ya Allah berikan berkah padaku atas keluargaku, dan berkahi mereka atas ku, berikan rizki kepadaku atas sebab mereka dan beri rizki mereka atas sebab aku, himpunkan aku dengan mereka selagi engkau himpun untuk kebaikan, dan pisahkan aku dengan mereka selagi itu adalah berpisah demi menuju kebaikan.

Jadi bila dikerjakan maka niatnya sholat sunnah saja atau sholat sunnah sebelum berhubungan intim.

©Ustadz Arrifuddin Al Barandany

2.  Assalamu’alaikum pak ustadz / bu ustadzah
Saya mau bertanya, mengenai shaf solat, karena ada beberapa masjid yg saya lihat, shafnya solat akhwatnya sejajar dengan shaf ikhwan apakah shaf tersebut diperbolehkan?
Jazakillah khairan

Jawaban:

Kalau tidak ada hijab, jamaah wanita di belakang, yang paling afdhol adalah yg paling belakang kecuali bila ada hijab. Dan posisi ini yg lebih baik, karena begitulah posisi shof wanita. jika ada hijab, tidak mengapa kanan-kiri, dan posisi terdepan yg paling afdhol.

©ustadz Muh. Suswanto

3. Assalamualaikum,  saya ingin bertanya,  bagaimana hukumnya bagi wanita yang harus menggunakan baju lengan pendek di ruangan operasi,  karna ketika mengikuti operasi tangannya harus steril sampai siku. jadi aurat tangannya terbuka sampai lengan. dan situasinya ada dokter dan teman laki2 juga d ruangan operasinya.

Jawaban:

Bila memang kondisi medis wajib demikian dengan alasan medis atau menghindarkan resiko yang dapat membahayakan maka insyaallah sudah masuk dalam kategori darurat dan dibolehkan membuka lengan itu dengan syarat bila kondisi daruratnya sudah hilang agar segera ditutup kembali. Namun alangkah baiknya bila dapat diusahakan cara lain bila ada agar tidak sampai membuka aurat. Wallahu A’lam.

©Ustadz Arrifuddin Al Barandany

====================================
Muwajjih Rumah Dakwah Indonesia
Tim P n K

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *