Rekap Tanya Jawab Syariah (220)

Rekap Tanya Jawab Syariah (220)
Rumah Dakwah Indonesia

==================================

1. Pertanyaan titipan  bagai mana bersikap ke pada ayah mertua yg ngga suka terhadap kita bakan ayah mertua menyuru suami untuk menceraikan istri nya masala nya hanya karna sang istri kerja di luar negri selama2thn pulag tak bawa uang kata sang mertua ceraikan aja istri mu untuk apa bekerja hanya untuk keluarga nya saja padahal uang nya 30jt sama suami dan 40jt sama saudra nya yg mau ke korea buat ongkos sang suami pun tahu tpi kata kata sang mertua itu menyakiti hati menantu nya bagai mana sikap kmi terhadap sang ayah yg seperti itu

Jawab:

Sebelumnya ana melampirkan sebuah hadist diriwayatkan Imam Tirmidzi dan Abu Dawud. Dari sahabat Abdullah bin Umar dia berkata :

كَانَتْ تَحتِى اِمْرَأَةٌ وَكُنْتُ أُحِبُّهَا، وَكَانَ عُمَرُيَكْرَهُهَا،فَقَالَ لِى :طَلِّقْهَا، فَأَبَيْتُ، فَأَتَى عُمَرُ رضى اللَّه عنه النَّبِيِّ صلّى اللّه عليه وسلم، فَدَكَرَذَلِكَ لَهُ، فَقَالَ النَّبِيُّ صلّى اللّه عليه وسلم : طَلِّقْهَا

“Aku mempunyai seorang istri serta mencintainya dan Umar tidak suka kepada istriku. Kata Umar kepadaku, ‘Ceraikanlah istrimu’, lalu aku tidak mau, maka Umar datang kepada Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam dan menceritakannya, kemudian Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata kepadaku, ‘Ceraikan istrimu’”
[Hadits Riwayat Abu Dawud 5138, Tirmidzi 1189, dan Ibnu Majah 2088. Hasan Shahih]

Hadits kedua diriwayatkan oleh Abu Darda. Sebagian ulama yang lain mengatakan jika orang tua kita menyuruh menceraikan istri tidak harus diataati.

Ada orang bertanya kepada Imam Ahmad, “Apakah boleh menceraikan istri karena kedua orang tua menyuruh untuk menceraikannya ?” Dikatakan oleh Imam Ahmad, “Jangan kamu talaq”. Orang tersebut bertanya lagi, “Tetapi bukankah Umar pernah menyuruh sang anak menceraikan istrinya ?” Kata Imam Ahmad, “Boleh kamu taati orang tua, jika bapakmu sama dengan Umar, karena Umar memutuskan sesuatu tidak dengan hawa nafsu”
[Masail min Fiqil Kitab wa Sunnah hal. 27]

Permasalahan mentaati perintah orang tua ketika diminta untuk menceraikan istri, sudah berlangsung sejak lama. Oleh karena itu para imam (aimmah) sudah menjelaskan penyelesaian dari permasalahan tersebut.
bahwa tidak boleh taat kepada kedua orang tua untuk menceraikan istri karena hawa nafsu.
Kecuali jika istri tidak taat pada suami, berbuat zhalim, berbuat kefasikan, tidak mengurus anaknya, berjalan dengan laki-laki lain, tidak pakai jilbab (tabaruj/memperlihatkan aurat), jarang shalat dan suami sudah menasehati dan mengingatkan tetapi masih di laksanakan maka Wajib untuk menceraikan nya

Wallahu a’lam

©ustadz Undang

2. Temen ada nanya, apa hukumnya terbayang mimpi basah? Apakah baginya hukumnya menikah itu wajib?

Jawab:

Menikah Wajib bagi yang sudah “memenuhi syarat”. Baik dari segi usia maupun dari segi maisyah

Jika terbayang mimpi basah sampai keluar air mani maka wajib mandi besar

Wallahu a’lam

©ustadz Undang Suherlan

3. Assalamualaikum izin bertanya. Bagaimana hukum islam tentang memelihara kucing? Kucing katanya suci karena terbiasa kemana mana. Tapi jika kucing keluar masuk kamar mandi, lalu yg ditakutkan ialah kucing tsb masuk tmpt ibadah,. Bagaimana hukum kucing tsb? Yg ditakutkan ialah terkena air kencing manusia. Syukron

Jawab :

Rasulullah memiliki hewan kesayangan seekor kucing yang beliau beri nama Mueeza. Saking sayangnya Rasulullah terhadap Mueeza, ia rela memotong jubahnya karena tak ingin menganggu Mueeza yang sedang tidur terlelap di atas jubahnya. Selain itu, kucing bukanlah hewan yang najis. Hal inilah yang membuat Rasulullah memperbolehkan para sahabatnya berwudhu menggunakan air bekas dari minuman kucing.

Kucing yang kita pelihara adalah amanah. Sebagai pemelihara yang baik, kita juga harus memperhatikan hal-hal lain yang berhubungan dengan hewan peliharaan kita. Memelihara kucing dalam Islam harus dirawat dan dijaga dengan baik. Demikianlah agama Islam memuliakan mahluk hidup di muka bumi ini. Di hari cinta puspa satwa, tidak ada salahnya untuk memaknai lebih dalam semua hewan-hewan peliharaan kita termasuk kucing.

Tidak perlu khawatir dengan kucing yang sering keluar masuk kamar mandi mereka senantiasa membersihkan dirinya.

jika kena cipratan air kucing biasanya langsung menjilati tubuhnya itu cara kucing membersihkan tubuhnya

Wallahu a’lam

©ustadz Undang Suherlan

=======================================

Muwajjih Rumah Dakwah Indonesia

Tim P n K

=======================================

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *