Makna Penting Syahadatain

Notulensi Kajian Bulanan Rumah Dakwah Indonesia
~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~
Hari : Ahad
Grup : Ruqayyah
Muwajjih : Ust.  Qosim Nursheha Dzulhadi
Tema : Makna Penting Syahadatain
Admin : 06-10
Moderator : Hikmah
Notulen   : Zara
MUQADIMAH
————————
بسم الله الر حمن الر حيم
السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
إِنّ الْحَمْدَ ِللهِ نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهُ
وَنَعُوْذُ بِاللهِ مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا و مِنْ َسَيّئَاتِ أَعْمَالِنَا
مَنْ يَهْدِهِ اللهُ فَلاَ مُضِلّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْ فَلاَ هَادِيَ لَهُ
Puji syukur kehadirat Allah SWT yang masih memberikan kita nikmat iman, islam dan Al Qur’an semoga kita selalu istiqomah sebagai shohibul qur’an dan ahlul Qur’an dan dikumpulkan sebagai keluarga Al Qur’an di JannahNya..
Shalawat beriring salam selalu kita hadiahkan kepada uswah hasanah kita, pejuang peradaban Islam, Al Qur’an berjalan, kekasih Allah SWT yakninya nabi besar Muhammad SAW, pada keluarga dan para sahabat nya semoga kita mendapatkan syafaat beliau di hari akhir nanti. InsyaaLlah..
Aamiin
========================
Materi :
————-
 Para Salihat sekalian, Insya Allah pada malam hari ini secara perlahan kita akan berbincang mengenai dasar Aqidah kita, yakni _*Pentingnya Syahadatain*_
 1. Yang dimaksud dengan _syahadatain_ adalah dua kalimat syahadat: _syahadat_Tauhid yang berbunyi أشهد أن لا إله إلا الله
dan _syahadat Rasul_ yang berbunyi أشهد أن محمدا رسول الله
 2. Dua kalimat _syahadat_ ini sangat fundamental posisinya dalam Aqidah Islam. Karena ia merupakan fondasi keyakinan (aqidah) dan keimanan, atau hakikat Tauhid sejatinya dalam _syahadat_ ini.
Itu sebabnya, dalam Islam, orang yang akan masuk ke dalam wajib hukumnya mengucapkan _Syahadatain_ ini. Jika tidak, keislamannya tidak benar alias batil, tidak sah.
Dalam Shalat ada yang kita kenal dengan _Tasyahhud_: memberi kesaksian, tentang ke-Esa-an Allah dan kerasulan Nabi Muhammad dan kehambaan beliau. Tanpa ini, shalat pun tidak sah. Ini diantara ciri pentingnya _Syahadatain_. Namun, tentung pentingnya _Syahadatain_ tak sampai di situ saja. Insya Allah akan kita ulas pada poin-poin berikutnya.
 3. Dalam kajian Aqidah Islam, kalimat لا إله إلا الله disebut dengan _Kalimah Tauhid, Kalimah Ikhlas, atau Kalimah Taqwa_.
Kalimat yang agung ini mengandung konsekuensi bahwa: Allah saja yang haq untuk disembah, sesembahan yang lain adalah batil dan “tuhan” palsu. Karena Allah Pencipta kita, Penguasa kita, Pemelihara kita, dan sekian banyak sifat lainnya yang dinisbatkan kepada Allah Swt.
Allah dalam Al-Quran menegaskan,
ذلك بأن الله هو الحق وأن ما يدعون من دونه هو الباطل وأن الله هو العلي الكبير
_“Demikian itu untuk menjelaskan bahwa Allah Dialah Tuhan yang Haq dan apa-apa yang mereka seru seluruhnya batil. Dan Allah itu Maha Tinggi dan Maha Besar”_ (Qs. al-Hajj:62)
4. Tauhid adalah dakwah seluruh rasul Allah. Dan mereka menyeru umat manusia pada dua hal penting: (1) Ibadah atau hanya menyembah Allah saja, (2) Dakwah agar menjauhi thagut (segala hal yang disembah/dituhankan selain Allah).
 5. Dalam Islam Tauhid adalah _risalah_-nya dalam hidup ini. Mengapa?
________________
Ketika seorang Muslim menghadapi hidupnya dengan Tauhid dan meninggalkan hidup ini dengan Tauhid, maka kewajibannya antara buaian masa kanak-kanak dan kasur kematian adalah: *menegakkan Tauhid dan menyeru orang lain menuju Tauhid*. Inilah visi-misi hidup: hanya mengabdi kepada Allah (Qs. ad-Dzariyat:56-57). Inilah tujuan utama penciptaan manusia.
 6. Tauhid: Risalah umat untuk alam semesta
_____________________
Allah menugaskan kita untuk mendakwahkan kalimat Tauhid kepada penganut agama lain, utamanya: Yahudi-Nasrani (Qs. Al Imran:64), agar hanya menyembah Allah saja dan tidak pertuhankan manusia (Yesus, misalnya).
__________________
Dari poin 5 dan 6 dapat dipahami bahwa siapa saja yang ikrar bahwa _Laa ilaaha illa Allah_, maka hidupnya harus dengan ruh Tauhid, wafatnya harus diakhiri dengan kalimat Tauhid.
Dan, kalimat Tauhid harus didakwahkan kepada orang di luar Islam. Caranya: dengan prilaku, dengan lisan, dengan tulisan, bahkan dengan diakusi dan debat ilmiah yang sehat dan argumentatif.
Indah bukan tugas seorang Mukmin yang ber-Tauhid?
 7. Konsekuensi penting _Laa ilaaha illa Allah_
___________________
1. Ikhlas menjadi hamba Allah.
   *Caranya*:
     a. Jangan jadikan selain Allah sebagai _rabb_ yang diagungkan layaknya Allah (Qs. al-An’am:164, 14)
   b. Jangan jadikan selain Allah sebagai _wali_: yang dicintai seperti Allah  (Qs. al-Baqarah, 167, 165)
    c. Jangan jadikan selain Allah sebagai penentu hukum yang ditaati layaknya Allah (Qs. al-An’am:114)
 8. Syahadat Rasul
___________________
أشهد أن محمدا رسول الله
___________________
Kesaksian kita akan keesaan Allah (Wahdaniyatullah) tidak akan sah jika tak disertai dengan _Syahadat Rasul_ ini. Kenapa?
_________________
Karena pembawa risalah Tauhid dari Allah adalah Rasulullah.
   Al-Quran sebagai sumber utama Tauhid tidak akan sah diterima jika kerasulan Rasulullah kita tolak.
   Kesaksian kita akan _Laa ilaaha illa Allah_ akan lengkap dengan _Muhammad Rasulullah_. Keduanya menjadi _Syahadatain_.
Kalimat _Muhammad Rasulullah_ itu adalah: *jembatan hati antara setiap Muslim dan Al-Quran sebagai firman Allah yang tidak perlu diragukannya* (Dr. Ir. Muhammad ‘Imaduddin Abdul Rahim, _Kuliah Tauhid_, 67)
Maka, ber-Tauhid artinya kita punya komitmen penuh dan teguh untuk menjadi Mukmin Sejati: hanya menyembah Allah dan meng-Esa-kan-Nya saja. Dan, tidak boleh menolak kerasulannya dengan konsekuensi penuh dalam menerima seluruh risalah dan sunnahnya.9 *Penutup*
______________
Para Salihat sekalian, ini kiranya uraian ringkas dan sederhana tentang _Pentingnya Syahadatain_ bagi kita sebagai Muslim dan Mukmin. Semoga kita dapat menepati semua yang Allah dan Rasul-Nya ingin dalam nilai-nilai dan konsekuensi _Syahadatain_ itu.
والله أعلم بالصواب،
والسلام عليكم ورحمة الله وبركاته
〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰
REKAP TANYA-JAWAB
—————————————
Saya mau tanya, hal kecil dan hal besar apa saja yg bisa membatalkan syahadah ? Dan ciri syahadah itu batal apa ya ?
Jawab
Syekh Yusuf al-Qaradhawi dalam kitab _Haqiqah at-Tauhid_, diantara yang membatalkan Tauhid adalah: Syirik, memakai jimat, berdukun, baca mantra2 yang diyakini bisa datangkan kebaikan dan menolak kemudharatan, sihir, qurban untuk selain Allah
–>
Izin bertanya ustadz, menyambung pertanyaan di atas, apa yg harus dilakukan bila syahadat kita batal?
Jawab
Bismillahirrahmanirrahim,
Kalau batal, kita bertobat kepada Allah. Tinggalkan kesyirikan dan yang lainnya. Kembalilah bertauhid kembali. Karena syirik dosa besar, sihir dosa besar, qurban untuk selain Allah dosa besar. Maka, tinggalkan, jangan ulangi lagi, dan bersihkan Aqidah dari itu semua. Semoga taubat kita diterima Allah. Amin
–>
Apakah perlu bersyahadat lagi dengan disaksikan orang lain?
Jawab
Tidak perlu. Cukup bertobat kepada Allah.
–>
Bila seseorang murtad, kemudian ingin kembali menjadi muslim, syahadatnya perlu atau tdk perlu disaksikan?
Jawab
Kalau murtad beda, ia harus syahadat ulang, Disaksikan orang lain. Kemudian, mandi lagi seperti mandi janabah. Wallahu A’lam bis-Shawab.
┅┅┅┅┅┅┅┅┅Clossing Statement:
Alhamdulillah, dengan karunia dah rahmat Allah, kita dapat bersua di grup ini untuk membicarakan ilmu tentang _Syahadatain_. Semoga Tauhid kita terjaga kemurniannya hingga menghadap Allah. Amin.
والسلام عليكم ورحمة الله وبركاته
———————-oOo—–—————–
PENUTUP
Marilah kita tutup majelis ilmu kita hari ini dgn membaca istighfar, hamdallah serta do’a kafaratul majelis
الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِين
dan istighfar
أَسْتَغفِرُ اَللّهَ الْعَظيِمْ
: Doa penutup majelis :
سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلهَ إِلاَّ أَنْتَ أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوْبُ إِلَيْكَ ٭
Artinya:
“Maha suci Engkau ya Allah, dan segala puji bagi-Mu. Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan melainkan Engkau. aku mohon ampun dan bertaubat kepada-Mu.”
Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh
~~~~~~~~~~~~~~
®Rumah Dakwah Indonesia
———————-oOo—–—————–

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *