Lembaga Pemerintahan Dan Keemiran Di Jazirah Arab

Kamis, 26 Syawal 1437/20 July 2017

Siroh Corner
LEMBAGA PEMERINTAHAN DAN KEEMIRAN DI JAZIRAH ARAB
Di saat terbitnya matahari Islam, para penguasa di Jazirah Arab bisa dibagi menjadi dua kelompok:
1. Raja-raja bermahkota, tetapi pada hakikatnya mereka tidak memiliki independensi.
2. Para pemimpin dan pemuka kabilah atau suku, yang memiliki kekuasaan dan hak-hak istimewa sama seperti kekuasaan para raja; mayoritas mereka memiliki independensi penuh. Namun boleh jadi sebagian mereka bersubordinasi dengan raja bermahkota.
Raja-raja yang bermahkota tersebut adalah raja-raja Yaman, raja-raja kawasan Syam, Keluarga Besar Ghassan dan raja-raja Hirah
Pemerintahan Di Yaman
Di antara suku bangsa tertua yang dikenal di Yaman dari kalangan Arab Aribah adalah kaum Saba’ . Keberadaan dan peran mereka berhasil diketahui berkat penemuan fosil Aur, yang diperkirakan sudah ada sejak dua puluh lima abad Sebelum Masehi.
Klasifikasi periode pemerintahan mereka dapat diperkirakan sebagai berikut:
1. Antara tahun 1300 SM hingga 620 SM; para periode ini dinasti mereka dikenal dengan dinasti al-Mu’iniah , sedangkan raja-raja mereka dijuluki sebagai Mukrib saba’, dengan ibu kotanya Shar-wah.
2. Antara tahun 620 SM hingga 115 SM; pada periode ini dinasti mereka dikenal dengan Dinasti Saba’ , dan julukan *”Mukrib”* mereka tanggalkan, kemudian dikenal dengan raja-raja Saba’.
3. Dari tahun 115 SM hingga 300 SM; periode ini dinasti mereka dikenal dengan *Dinasti Al-Himyariyyah  Pertama*. Sebab kabilah Himyar telah memisahkan diri dari kerajaan Saba’.
4. Dari tahun 300 SM hingga masuknya Islam Ke Yaman; pada periode ini dinasti mereka dikenal dengan *Dinasti al-Himyariyyah Kedua*. Pada periode ini kerusuhan dan tindakan kudeta silih berganti melanda mereka, demikian pula perang saudara.
▶Tahun 340 SM bangsa Habasyah (Eithiopi) berhasil menduduki negeri Yaman. Hal ini dapat terjadi karena mereka memanfaatkan persaingan antara kedua kabilah tersebut.
▶Pada tahun 523 M, *Dzu Nuwas*, seorang yang berdarah Yahudi memimpin penyerangan yang keji terhadap penduduk Najran yang beragama Nasrani, dan berusaha memaksa mereka meninggalkan agama nasrani. Karena mereka menolak, maka dia memerintahkan agar parit-parit besar digali, lalu mereka dilemparkan kedalam api (yang sudah dinyalakan di dalamnya) hidup-hidup. Hal inilah yang diisyaratkan di dalam QS. Al-buruj melalui firman الله سبحانه وتعالى : قتل أصحاب الاخدود (Binasalah orang orang yang membuat parit) hingga akhir surat.
Kejadian inilah yang menimbulkan dendam nasrani yang menggebu-gebu di bawah komando pemegang Imperium Romawi.
▶Pada tahun 525 M untuk kedua kalinya mereka berhasil menduduki negeri Yaman di bawah komando Aryath.
Kemudian raja Habasyah mengangkatnya menjadi penguasa di sana hingga akhirnya dibunuh oleh *Abrahah bin Ash-Shabbah Al-Asyram* pada tahun 549 M. Abrahah inilah yang mengarahkan pasukannya untuk menghancurkan Ka’bah dan dikenal dengan pasukan penunggang gajah _(ashhabul fil)_ .
Setelah peristiwa “perang gajah” tersebut penduduk Yaman meminta bantuan kepada orang orang persia, persia melakukan perlawanan kepada pasukan Habasyah sehingga mereka pada akhirnya dapat mengusir orang-orang Habasyah dari Yaman pada tahun 575 M di bawah komando Ma’di Yakrib bin Saya Di Yazin Al-Himyari.
Setelah diangkat menjadi raja Ma’di Yakrib ternyata masih mempertahankan sejumlah orang-orang Habasyah guna menjadi pelayan, alhasil suatu saat pelayan dari Habasyah ini berhasil membunuhnya, dengan kematiannya ini berakhirlah tampuk kekuasaan dari dinasti Dzi Yazin.
Kepemimpinan orang-orang persia atas negeri yaman terus berlanjut hingga era kepemimpinan orang persia terakhir yang bernama Badzan, yang memeluk Islam  pada tahun 638 M dan dengan keIslamannya ini, berakhirlah pemerintahan Persia atas negeri Yaman.
Bersambung…..
~~~~~
Sumber : Perjalanan Hidup Rasul Yang Agung Muhammad SAW, Dari Kelahiran Hingga Detik Terakhir
Penulis : Syaikh Shafiyyurrahman Al-Mubarakfuri
Disadur oleh : Vina (Tim Medsos)
BP2A-RDI/482/3/X/1438

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *