Muslimah Cantik, Bermahkota Rasa Malu

Notulensi Kajian Bulanan Rumah Dakwah Indonesia
~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~
Hari : Sabtu, 09 September 2017
Grup : Rumah Aisyah Putri
Muwajjih : Ustadzah Pipit
Tema : Muslimah Cantik, Bermahkota Rasa Malu
Admin : Admin Putri 1-3
Moderator : Dita
Notulen   : Dita
MUQADIMAH
————————
بسم الله الر حمن الر حيم
السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
إِنّ الْحَمْدَ ِللهِ نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهُ
وَنَعُوْذُ بِاللهِ مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا و مِنْ َسَيّئَاتِ أَعْمَالِنَا
مَنْ يَهْدِهِ اللهُ فَلاَ مُضِلّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْ فَلاَ هَادِيَ لَهُ
Puji syukur kehadirat Allah SWT yang masih memberikan kita nikmat iman, islam dan Al Qur’an semoga kita selalu istiqomah sebagai shohibul qur’an dan ahlul Qur’an dan dikumpulkan sebagai keluarga Al Qur’an di JannahNya..
Shalawat beriring salam selalu kita hadiahkan kepada uswah hasanah kita, pejuang peradaban Islam, Al Qur’an berjalan, kekasih Allah SWT yakninya nabi besar Muhammad SAW, pada keluarga dan para sahabat nya semoga kita mendapatkan syafaat beliau di hari akhir nanti. InsyaaLlah..
Aamiin
========================
Materi : *Muslimah Cantik Bermahkota Rasa Malu*
————-
*MUSLIMAH CANTIK*
*_BERMAHKOTA RASA MALU_*
Malu adalah bukti kewibawaan seorang wanita, maka hiasilah dirimu wahai muslimah akan sifat malu, sebab dengan sifat malu yang selalu mendasar dihati sudah tentu sikap dan perilaku yang menjadi tindak tandukmu akan terkendali dengan bijaksana.
Dalam Al-Mausu’ah Al-Fiqhiyah seorang ulama berkata, _“Malu itu bagian dari hidup, karena hati yang hidup dapat menghadirkan rasa malu. Adapun sedikitnya rasa malu diakibatkan oleh hati dan jiwa yang telah sekarat.”_
Dan sifat malu juga merupakan refleksi keindahan bagi diri seorang wanita, sebab itulah mengapa wanita yang selalu menghiasi dirinya akan sifat malu nampak beriwibawa didepan orang lain, sebab tingkah lakukanya yang senantiasa terkendali dengan baik.
*Faedah Menjaga Rasa Malu*
1 *Sifat Malu Mendatangkan Perbuatan Baik*
Dengan sifat malu yang mendasar dihati seorang wanita akan selalu bisa mendatangkan berbagai perbuatan baik. Buktinya seorang wanita yang senantiasa menghiasi dirinya akan sifat malu, maka tentu ia tidak akan sembarangan dalam mengambil tindakan.
Ia akan selalu menjaga kehormatannya dan akan selalu menjaga tanggung jawabnya, sehingga kebaikan demi kebaikan akan selalu menyandingnya.
2 *Sifat Malu Mencegah Maksiyat*
Dengan sifat malu seorang wanita bisa mencegah dirinya dari perbuatan maksiat yang hendak dilakukannya, seperti halnya pacaran ataupun bermain tanpa batas dengan laki-laki yang bukan mahram.
Iya, hanya wanita yang besar akan rasa malu yang bisa tidak terjerumus dengan perbuatan hina seperti itu, karena dengan malu yang dimilikinya ia berfikir sebab apa ia harus benar-benar menghindari dua perbutan tadi
3 *Perisai Agar Tak Berperangai Buruk*
Resiko seorang wanita itu sangatlah besar, maka dari itu mengapa sifat malu harus terhias indah pada diri seorang wanita.
Karena dengan sifat malu maka seorang wanita tentu akan selalu menjaga dirinya dari berperangai jelek, dan perlu kita tahu pula sebagai seorang wanita, bahwa sifat malu merupakan perisai diantara seorang muslim.
4 *Malu Membuat Bijaksana Sebelum Bertindak*
Dengan sifat malu seorang wanita akan selalu membiasakan dirinya untuk berpikir bijaksana sebelum bertindak. Dan jika ada seorang wanita yang notabeninya adalah pemalu tapi masih saja tidak bijaksana dalam berakhlaq.
Maka pemalu yang dimilikinya bukan sifat malu yang sesungguhnya. Karena jika memang ia benar mempunyai sifat malu, maka sampai kapanpun ia tidak akan malu-maluin dengan bertindak seadanya dan semaunya.
5 *Malu Adalah Batasan.Agar Tak Berbuat Buruk*
Selain itu, dengan sifat malu maka seorang wanita itu akan selalu tahu batasan-batasan dirinya, sehingga iapun tak gampang terjerumus pada hal yang salah.
Dan inilah yang terpentig dalam menjaga wibawamu sebagai seorang wanita, yang sampai kapanpun kau memang harus bertindak dengan bijaksana, agar kehormatan yang kau miliki selalu terjaga dengan sempurna.
〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰
REKAP TANYA-JAWAB
—————————————
1. Ustdzh mau nanya kalau malu dalam segala hal gimana? Apalagi kalau di suruh ngomong di hadapan orang2 suka gerogi gitu
*Jawab* : Bangkitkan rasa percaya dirimu Nanda sayang…
Tunjukkan izzah (kemuliaan) seorang muslim yang selalu berani menghadapi tantangan
┅┅┅┅┅┅┅┅┅┅┅┅┅┅┅┅┅┅┅┅┅
2. Bagaimana cara menjauhi sifat akan takut dalam berbicara di depan umum ustadzah?
*Jawab* : Meluruskan kembali aqidah kita bahwa hanya boleh takut, taat, tunduk pada Allah, Rasulullah, kedua orangtua dan guru2 kita. Pada hal lainnya tak perlu ada rasa takut.
Perbanyak latihan dengan sering berdiskusi bertukar pikiran, landasi dengan ilmu ya.
〰〰〰〰〰〰〰〰〰
———————-oOo—–—————–
PENUTUP
Marilah kita tutup majelis ilmu kita hari ini dgn membaca istighfar, hamdallah serta do’a kafaratul majelis
الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِين
dan istighfar
أَسْتَغفِرُ اَللّهَ الْعَظيِمْ
: Doa penutup majelis :
سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلهَ إِلاَّ أَنْتَ أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوْبُ إِلَيْكَ ٭
Artinya:
“Maha suci Engkau ya Allah, dan segala puji bagi-Mu. Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan melainkan Engkau. aku mohon ampun dan bertaubat kepada-Mu.”
Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh
~~~~~~~~~~~~~~
®Rumah Dakwah Indonesia
———————-oOo—–—————–

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *