Muhasabah Diri

Review anda

Oleh : @senja_qalbu
Pengurus Rumah Dakwah Indonesia

Sibuk bekerja mencari harta, sampai sholat ditinggalkan, zakat dilupakan.
Pada waktunya tiba, giliran kamu yang dipanggil, lalu apa yang akan kamu bawa? Harta tidak dibawa sampai mati, kecuali harta yang dipergunakan untuk bersedekah, membantu orang dan hal baik lainya, yang akan menajdi amal sholeh mu kelak.

Tak perlu mengejar mati-matian yang tidak dibawa mati, karena kafan tidak memiliki saku. Ketika mati badan mu terbujur kaku, tak mampu berkutik apapun itu. Ketika sudah di kubur, kamu sendirian hanya dengan kegelapan. Lantas jika kamu memiliki amal maka ia akan terus menemani mu, menerangi mu di gelapnya alam kubur, menemanimu di kesendirian alam kubur.

Jika semasa hidup, sholat tidak, sodaqoh tidak, berbuat baik tidak, membantu orang lain tidak. Lantas apa yang harus kamu bawa? Harta yang kamu miliki, harta yang kamu kumpulkan?

Apa yang akan menyelamatkan kamu nanti jika sholat saja kau tinggalkan? Beramal sholeh saja kamu tidak? Apa di akhirat harta mu bisa kamu bawa lalu kamu pergunakan itu semua? Tidak bisa.

Kamu harus selalu ingat, kafan tidak memiliki saku. Setiap makhluk yang bernyawa pasti akan menghadapi kematian. Hanya saja kamu tinggal menunggu giliran.

Kamu punya amalan yang paling pertama dihisab yaitu sholat, lantas kau tinggalkan. Sholat tiang agama, jika kau tidak kerjakan tiang itu akan runtuh seketika.

Yuk sama-sama terus perbaiki diri, perbaiki ibadah dengan Allah, belum tentu sholat yang kita kerjakan diterima oleh Allah, kadang dari wudhunya saja sudah salah bagaimana dengan sholatnya.

Mohon maaf apabila ada kata-kata yang kurang baik

Instagram @senja_qalbu

BP2A-RDI/111/5/IV/1440

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *